Belajar Sejarah Borobudur? Wisata Terbaru 2024, Candi Dengan Daya Tarik Bagi Wisatawan Asing

Belajar Sejarah Borobudur? Wisata Terbaru 2024, Candi Dengan Daya Tarik Bagi Wisatawan Asing

Sejarah dan Daya Tarik Candi Borobudur Sebagai Wisata 2024-Broesis-pixabay

DISWAY JOGJA - Sebagai warga Indonesia, tentu kita pernah mendengar tentang kemegahan Candi Borobudur sebagai wisata terbaru  2024 bukan? Atau bahkan dari kita juga sudah pernah melihat langsung kemegahan candi ini dari dekat.

Candi borobudur menjadi salah satu destinasi wisata terbaru 2024 favorit para wisatawan baik wisata lokal maupun mancanegara. Banyak wisatawan yang sengaja datang untuk melihat betapa megahnya Candi Borobudur.

Asal kamu tahu, Candi Borobudur adalah candi terbesar yang dimiliki oleh negara kita dan dijadikan tempat wisata terbaru 2024 ini. Candi Borobudur diperkirakan dibangun sekitar tahun 800 masehi oleh Warga Syailendra.

Disisi lain, tahukah kamu banyak hal-hal menarik yang bisa kamu temui saat kamu ke Candi Borobudur sebagai wisata terbaru 2024?

Candi Borobudur termasuk dalam daftar tujuh keajabaian dunia oleh UNESCO. Hal ini membuat Candi Borobudur dijadikan sebagai destinasi wisata 2024 di Indonesia.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 di Probolinggo Jawa Timur, Paket Lengkap! Dari Gunung Hingga Pantai

Banyak yang mengatakan bahwa posisi bangunan Candi ini begitu istemewa lantaran dikelilingi dataran hijau dengan pemandangan yang indah dan mengagumkan.

Candi ini dibangun diatas tanah dengan luas lokasi 15.000 meter persegi berdiri kokoh susunan batu berundak 10 tingkat setinggi 42 meter.

Pada dinding Candi Borobudur terukir 1300 gambar relief cerita Budha dan Mahabarata. Apabila relief ini disusun memanjang berurutan maka panjangnya bisa mencapai 2,5 kilometer.

Candi Borobudur ditemukan kembali oleh Gubernur Jenderal Inggris Thomas Stamford Raffles ketika yang sedang berada di Pulau Jawa pada tahun 1814.

Salah satu keajaiban dalam wisata terbaru 2024 Candi Borobudur yaitu teknik arsitek yang menakjubkan pasalnya dalam pembangunanya tidak ada penggunaan perekat atau bahan pengikat.

Dengan kemegahan dan keagunganya inilah menjadi Candi Borobudur dijadikan pusat ziarah agama Budha yang terbesar se-Asia sekitar tahun 900 sampai tahun 1000 masehi. Dan juga bangunan ini disebut sebagai kuil Budha terbesar yang ada di dunia.

Tak heran, jika sampai sekarang Candi Borobudur selalu dikunjungi oleh para biksu yang melakukan perjalanan ritual keagamaan tiap tahunnya.

Candi Borobudur terletak di Jl. Badrawati, Desa Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Untuk lokasinya berjarak 17 km dari pusat kota Magelang dan 40 km dari Kota Yogyakarta.

Berikut beberapa daya tarik Candi Borobudur sebagai wisata 2024 yang wajib dikunjungi:

1. Makna Religius dan Budaya

Candi ini merupakan simbol agama budha dan juga menjadi pusat kegiatan keagamaan penting. Setiap tahunnya, ratusan bahkan ribuan umat Budha dari seluruh dunia mengunjungi dan berkumpul untuk merayakan hari raya Waisak.

Wisata Candi Borobudur ini merupakan sebuah monumen budaya dan religius yang sangat penting bagi masyarakat indonesia.

BACA JUGA : Yuk Jelajahi Indahnya Gua Pinus Pujon! Destinasi Wisata Baru 2024 di Kota Batu Jawa Timur

2. Keindahan Arsitek dan Karya Seni

Arsitektur Candi Borobudur sangat megah, indah dan struktur bangunannya rumit. Candi ini terkesan kuno namun unik memiliki nuansa yang berbeda dengan tempat wisata lainnya.

Candi Borobudur mempunyai tiga tingkat utama dan sejumlah stupa yang tepat di puncaknya. Setiap stupa berisi patung Budha, dan sekitar candi ini di kelilingi oleh 72 stupa kecil yang masing-masing dihiasi dengan ukiran yang indah dan unik.

3. Kental akan Budaya

Berbagai kegiatan budaya, termasuk pertunjukan musik dan tari tradisional yang dapat dinikmati dilingkungan sekitar candi. Wisatawan dapat menikmati keanekaragaman budaya dan seni lokal di Candi Borobudur.

Selain tiga daya tarik wisata diatas yang disebutkan, di Candi Borobudur juga banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di sekitarnya. Oleh karena itu, Candi Borobudur dapat memberikan wawasan buat kamu.

Candi Borobudur bisa kamu kunjungi sebagai wisata terbaru 2024 setiap hari di jam operasional yaitu mulai dari pukul 06.30 WIB hingga 16.30 WIB.

Harga tiket masuknya ada perbedaan antara wisata lokal dengan wisata mancanegara. Berikut adalah harga tiket masuk Candi Borobudur:

Harga tiket wisatawan lokal (dewasa): Rp 50.000

Harga tiket wisatawan lokal (anak-anak): Rp 25.000

Harga tiket wisatawan mancanegara (dewasa): Rp 362.500 atau 25 USD

Harga tiket wisatawan mancanegara (anak-anak): Rp 217.500 atau 15 USD

Harga tiket masuk Candi Borobudur tidak jadi naik setelah sempat dikabarkan akan mengalami kenaikan.

Tidak perlu khawatir jika kamu mengunjungi Candi Borobudur sebagai wisata terbaru 2024 disini terdapat berbagai macam souvenir dan oleh-oleh khas Borobudur mulai dari kerajinan tangan, baju batik hingga makanan khas.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: