Momen Pergantian Tahun, Volume Sampah di TPA Kalijurang Brebes Meningkat 2 Kali Lipat

Momen Pergantian Tahun, Volume Sampah di TPA Kalijurang Brebes Meningkat 2 Kali Lipat

BERSIHKAN- Petugas membersihkan sampah yang jumlahnya meningkat selama berlangsung musim libur akhir tahun akibat tingginya aktifitas masyarakat.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES -

BUMIAYU, DISWAYJOGJA - Selama momen pergantian tahun kemarin, volume sampah yang di buang ke lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kalijurang meningkat hingga dua kali lipat jumlahnya dari hari biasa.

BACA JUGA:Miris, Sungai Bentiris Penuh Sampah, Pj Bupati Brebes; Langkah Darurat Harus Disegerakan

Kepala UPTD Pengelolaan Sampah Wilayah Bumiayu Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes Abdullah Sudrajat menyampaikan, kondisi tersebut seiring dengan meningkatnya aktifitas warga sejak siang hingga malam hari.

Volume sampah meningkat lebih dari dua kali lipat, jika hari biasa untuk satu lokasi TPS (Tempat Pembuangan Sementara) menghasilkan 5 kubik sampah, namun kemarin naik menjadi 8 hingga 10 kubik sampah,jelasnya.

BACA JUGA:Pedagang Pasar Keluhkan Tumpukan Sampah di Saluran Bau Busuk, Kodim Brebes Bersih-bersih

BACA JUGA:Keren, Siswa SMP Muhamadiyah 1 Kota Tegal Sulap Sampah Plastik Jadi Paving

Menurut Drajat, peningkatan volume sampah lebih banyak berasal dari lokasi-lokasi pusat kegiatan masyarakat baik pasar, pertokoan maupun pedagang kaki lima disepanjang jalan utama Bumiayu. "Semenjak dua hari terakhir, dimana banyak masyarakat pemudik yang datang dan beraktifitas di pusat-pusat keramaian. Kondisi ini memberi konstribusi bertambahnya sampah di lokasi umum," jelasnya.

Khusus di momen pergantian tahun kemarin, dimana hampir sepanjang ruas jalan utama dalam kota Bumiayu diramaikan oleh warga masyarakat yang beraktifitas menantikan detik-detik pergantian tahun, maka petugas terpaksa menunda pengangkutan sampah.

BACA JUGA:Anggota DPRD Kota Tegal Malu TPA Sampah Berada di Tengah Kota

"Kita kesulitan jika diangkut sementara kondisi jalan masih ramai dengan kegiatan. Tapi juga tentunya akan mengganggu suasana jika tidak segera diangkut," ujarnya.

Sampah-sampah yang dihasilkan dari wilayah Bumiayu, meliputi Bumiayu, enam kecamatan di wilayah selatan Kabupaten Brebes semuanya dibuang ke TPA Kalijurang Kecamatan Tonjong.

"Jika biasanya petugas mengangkut sampah satu kali, namun kemarin bisa sampai dua hingga tiga kali pengangkutan," jelasnya.

 BACA JUGA:Hilangkan Kesan Kumuh, Pj Bupati Brebes Pimpin Bersihkan Sampah di Aliran Irigasi Pasar Induk

Menurut Subekti, 54, koordinator pengelolaan sampah BUMDES Langkap, Kecamatan Bumiayu, meningkatnya aktivitas masyarakat tidak hanya di jalan utama, namun juga disekitar permukiman warga.

"Sama halnya saat lebaran kemarin, moment pergantian tahun juga banyak dimanfaatkan warga untuk berkegiatan. Sehingga menghasilkan sampah," jelasnya.

Namun pihaknya tetap berusaha semaksimal mungkin, agar sampah dapat tertangani dengan tetap melakukan pengangkutan meski di hari libur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: