181 Event Budaya di DIY Diluncurkan dalam Agenda Jogja Manggatra 2024

181 Event Budaya di DIY Diluncurkan dalam Agenda Jogja Manggatra 2024

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY meluncurkan 181 event budaya yang dirangkum dalam Agenda Budaya Jogja Manggatra 2024 di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center, Senin malam (18/12/2023).-DOK.-

SLEMAN, DISWAYJOGJA - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY meluncurkan 181 event budaya yang dirangkum dalam Agenda Budaya Jogja Manggatra 2024 di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center, Senin malam (18/12/2023). Agenda Budaya 2024 ini tidak hanya mempromosikan agenda budaya yang dilaksanakan Disbud DIY, tetapi ditambah lebih dari 150 agenda budaya yang dilaksanakan Disbud Kabupaten dan Kota se-DIY.

BACA JUGA:Peringatan Hari Bela Negara, Kabinda DIY Berharap Jadi Momentum Persatuan Bangsa

Kepala Disbud DIY Dian Lakshmi Pratiwi menjelaskan, agenda Budaya Jogja Manggatra 2024 mencakup tiga kategori event. Yaitu pembinaan, tradisi dan kontemporer. Hal ini merupakan kompilasi berbagai kegiatan ragam budaya yang sangat menarik di DIY. Antara lain, pameran seni rupa, pertunjukan musik tradisional, berbagai festival dan lainnya.

BACA JUGA:Gelar Minggu Kasih, Kapolda DIY Ajak Masyarakat Yogyakarta Jaga Kamtibmas

Peluncuran agenda budaya tersebut agar lebih meningkatkan pemahaman tentang agenda budaya DIY. Tujuannya agar masyarakat memahami agenda budaya yang ada di DIY. Selain itu, masyarakat dapat semakin merasakan keistimewaan DIY melalui berbagai program kegiatan budaya yang dilaksanakan dan mendukung publikasi maupun edukasi nilai-nilai kebudayaan terhadap masyarakat melalui program/kegiatan Disbud DIY setiap tahunnya.

BACA JUGA:Passing In Parade, 149 Taruna Baru Akademi Angkatan Udara Siap Tempuh Pendidikan di DIY

Dian Lakshmi Pratiwi menjelaskan, branding Jogja Manggatra yang baru digulirkan 2022 lalu bermakna tertata rapi dalam beberapa hal atau. Harapannya dapat menata baris-baris serangkaian agenda budaya demi memajukan kebudayaan DIY secara rapi dan terarah. Tak terkecuali, memudahkan masyarakat baik dari dalam maupun luar DIY mengetahui berbagai agenda budaya yang digelar di DIY sepanjang 2024.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Dispenser Terbaik, Dilengkapi Dengan Fitur Canggih, Yuk Cek Apa Saja Mereknya!

”Agenda budaya ini merupakan program kerja Kundha Kabudayan DIY guna mengangkat nilai-nilai budaya yang dimiliki masyarakat, meningkatkan partisipasi langsung dan kolaborasi bersama para stakeholder terkait maupun masyarakat dalam kegiatan kebudayaan satu tahun kedepan. Agenda budaya DIY ini diharapkan bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” ucap Dian Lakshmi Pratiwi.

BACA JUGA:Pemda DIY Luncurkan Buku Bunga Rampai, Sri Sultan Tidak Melimitasi Aspirasi Pada Buku

Adanya Agenda Budaya Jogja Manggantra diharapkan dapat memperkenalkan agenda budaya DIY setiap bulannya ini dan dapat memperkuat ekonomi kreatif dan pariwisata DIY. Selain peluncuran agenda budaya DIY terbaru, acara dimeriahkan dengan pemutaran video Agenda Budaya Jogja Manggatra 2024 dan sejumlah pertunjukan tari yang menarik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: