HKSN 2023 Diharapkan Jadi Momentum Wujudkan Masyarakat Inklusif dan Berkeadilan

HKSN 2023 Diharapkan Jadi Momentum Wujudkan Masyarakat Inklusif dan Berkeadilan

Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) menjadi momentum pengingat bersama bahwa nilai-nilai kesetiakawanan sosial harus diwujudkan dalam aksi nyata.-DOK.-

 

DISWAYJOGJA - Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) menjadi momentum pengingat bersama bahwa nilai-nilai kesetiakawanan sosial harus diwujudkan dalam aksi nyata. Hal itu sebagai modal sosial untuk meningkatkan kualitas hidup dan penghidupan masyarakat. Selain itu, menjadi momentum untuk merenung, introspeksi, dan bertindak menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan berkeadilan.

BACA JUGA:Tips Aman Mengonsumsi Coklat dan 10 Manfaatnya bagi Kesehatan

 

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X saat bertindak selaku inspektur upacara peringatan HKSN Tahun 2023 DIY mewakili Gubernur DIY, pada Jumat (15/12) di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta.

BACA JUGA:Simak Biar Paham! Inilah 2 Cara Penagihan oleh DC Lapangan Pinjol kepada Para Nasabah Galbay

 

Dalam kesempatan itu, Sri Paduka menyebutkan, nilai-nilai kesetiakawanan sosial itu sendiri merupakan bentuk dari sikap dan perilaku peduli, kebersamaan, kegotong-royongan, kekeluargaan, yang dilandasi kerelaan, dan kesetiaan. Selain itu, saling menghormati dengan semangat menuju masyarakat yang sejahtera.

BACA JUGA:7 Obat Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan

 

Sri Paduka menekankan, HKSN bukan hanya sekadar momen seremonial. Melainkan panggilan untuk bersatu demi kebaikan bersama menghadapi realitas yang kompleks. Yakni tingginya angka kemiskinan yang masih menjadi tantangan Daerah Istimewa Yogyakarta.

BACA JUGA:5 Jenis Olahraga yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan jantung

 

”Meskipun telah banyak upaya yang dilakukan, tantangan tersebut mengharuskan kita semua untuk terus berkarya dan berkolaborasi dalam rangka mencapai tujuan bersama, yaitu masyarakat yang adil, setara, dan sejahtera,” ujar Sri Paduka.

BACA JUGA:Terkena Dampak Sebar Data Pinjol Ilegal? Jangan Panik, Begini Triknya

 

Karena itu, selaras dengan tema HKSN tahun ini, ‘Perkuat Semangat Kesetiakawanan Sosial dalam Memerangi Kemiskinan’, Sri Paduka mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama merajut kebersamaan dan kesetiakawanan. Dengan demikian, Indonesia tetap menjadi negara yang adil, sejahtera, berbudaya, dan bermartabat.

BACA JUGA:Perbandingan antara Mitsubishi Xforce dengan Honda HR-V, Mending Mana?

 

“Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa kekuatan sejati bangsa terletak pada nilai-nilai kesetiakawanan sosial,” tutur Sri Paduka.

 

Senada dengan Sri Paduka, Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih mengatakan, esensi peringatan HKSN ini yakni untuk membangkitkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial dengan memperkokohnya. Dengan demikian, seluruh elemen masyarakat bisa ikut andil dalam pembangunan. Termasuk menangani kemiskinan yang masih menjadi PR bersama.

BACA JUGA:Perbandingan antara Mitsubishi Xforce dengan Honda HR-V, Mending Mana?

 

“Nilai-nilai kesetiakawanan sosial ini akan menjadi fondasi dasar. Bagaimana gotong royong, kebersamaan, kepedulian, rasa ingin membantu menolong orang lain ini yang harus dibangkitkan ditanamkan ke semua masyarakat,” ujar Endang.

 

Dalam upacara itu hadir Forkopimda DIY dan kepala OPD di lingkungan Pemda DIY. Selain itu, hadir pula Tagana DIY, Pramuka Kwarda DIY, Menwa Mahakarta Yogyakarta dan peserta lainnya. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: