5 Makanan Tinggi Asam Folat Untuk Cegah Stunting, Enak Rasanya Nikmat Sehatnya!

5 Makanan Tinggi Asam Folat Untuk Cegah Stunting, Enak Rasanya Nikmat Sehatnya!

Makanan Tinggi Asam Folat --

DISWAY JOGJA - Asam folat merupakan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah pertumbuhan stunting pada bayinya. Untuk menghindari pola makan yang salah, pilihlah makanan yang kaya asam folat. Ibu hamil membutuhkan asam folat untuk membangun sistem saraf janin, mencegah keguguran, dan mencegah gangguan tumbuh kembang pada anak. 

Asam sulfat digunakan dalam sintesis kimia mineral, namun keduanya sangat berbeda. Asam folat banyak ditemukan pada makanan, termasuk sayur-sayuran dan buah-buahan. Sayur dan buah manis mengandung asam folat yang sangat baik untuk ibu hamil.

Food and Drug Administration (FDA) mewajibkan ibu hamil mengonsumsi asam folat untuk mencegah cacat lahir pada bayinya. Agar tidak salah, simaklah daftar rekomendasi makanan kaya asam folat.

Berikut ini 5 makanan tinggi asam folat menurut rangkuman kami:

1. Brokoli 

Brokoli dengan warna hijau tua dan bentuknya yang unik dianggap sebagai sayuran yang kaya akan asam folat. 128 gram brokoli  mengandung 104 mg asam folat. Selain itu brokoli juga mengandung vitamin lain seperti vitamin A, C, E, K, zat besi, kalsium dan banyak serat.

Asam folat pada brokoli dapat mencegah kerusakan sel dalam tubuh yang berujung pada tumbuhnya sel kanker. Bagi ibu hamil, brokoli juga baik dikonsumsi karena mudah dibuat. Bisa ditumis atau dimasak sebagai sayur dengan menambahkan berbagai bahan.

BACA JUGA:5 Manfaat Jagung untuk Kolesterol Turun dan Kesehatan Jantung Terjaga

2. Buah yang asam

Rasa asam pada beberapa buah merupakan tanda tingginya vitamin C. Buah asam tidak hanya mengandung vitamin C, tetapi juga nutrisi seperti asam folat, potassium, kalsium, vitamin C, magnesium, dll. Misalnya buah asam tersebut adalah jeruk, lemon bahkan anggur.

Ibu hamil yang rutin mengonsumsi buah yang asam memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami cacat lahir. Buah-buahan seperti jeruk merupakan buah-buahan yang mudah dikonsumsi oleh ibu hamil. Jeruk bisa disantap sebagai camilan buah segar atau bisa juga diminum jus jeruk secara rutin. 

3. Sayuran hijau 

Bukan rahasia lagi kalau sayuran hijau tidak boleh dilewatkan dari menu makanan Anda. Sayuran hijau tidak hanya tinggi serat, tapi juga kaya nutrisi, seperti asam folat. Sayuran hijau yang diketahui tinggi asam folat antara lain bayam, lettuce, dan beberapa sayuran berwarna pekat. Bayam merupakan salah satu sayuran yang murah dan mudah didapat di Indonesia dan populer di kalangan ibu hamil.

Selain memberikan asam folat pada bayi, bayam juga mengandung zat besi yang membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Anda bisa membuatnya dengan cara ditumis atau membuatnya menjadi sup yang menyegarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: