Beginilah Alasannya Mengapa PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Isuzu Panther Tidak lagi Diproduksi!

Beginilah Alasannya Mengapa PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Isuzu Panther Tidak lagi Diproduksi!

Beginilah Alasannya Mengapa PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Izuzu Panther Tidak lagi Diproduksi! - Freepik--

DISWAY JOGJA - PT Isuzu Astra Motor Indonesia sudah memberitahukan Isuzu Panther tidak lagi diproduksi oleh IAMI, pada tahun 2011. menurut pengumuman yang dibuat oleh perusahaan.

Konferensi pers online pada Rabu, 10 Februari 2021 menjadi tempat diumumkannya berita tersebut. bahwa Izuzu Panther tidak lagi di produksi, namun IAMI menjamin pasokan suku cadang Isuzu Panther hingga delapan tahun ke depan. Attias Asril, Direktur Pemasaran PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), mengatakan pengguna Isuzu Panther di Indonesia tidak perlu khawatir dengan perawatan terus-menerus. Karena Isuzu Indonesia akan terus melakukan servis, ujarnya.

Direktur Pemasaran PT Isuzu Astra Motor Indonesia Attias Asril menyatakan, perawatan berkelanjutan pada ISU Panther tidak menimbulkan masalah bagi penggunanya di Indonesia. Karena Isuzu Indonesia akan terus melakukan servis, ujarnya. Maka dari itu alasannya nebgapa izuzu panther tidak lagi diproduksi.

Menyusul diberlakukannya standar emisi Euro 4 untuk mobil diesel di Indonesia, Mobil Izuzu Panther tidak lagi diproduksi. Ini adalah mobil dari Jepang yang terkenal dengan efisiensi bahan bakarnya yang tinggi dan keluaran tenaga yang mengesankan. Sejak tahun 1991, Panther telah beroperasi di Indonesia, terutama menyediakan transportasi untuk jalur minibus dan pikap. Model ini menjadi pesaing serius Toyota Kijang pada tahun 1990-an.

Mesin diesel berkapasitas 2 buah disertakan pada model generasi pertama Panther.300 cc. Banyak pickup dan model Panther, seperti Royale dari tahun 1990-an (model hingga saat ini tahun 1991), Touring, Grand Tour atau Isuzu Panther, tersedia selama periode tersebut. Kapasitas mesin Panther dinaikkan menjadi 2 pada pertengahan tahun 1990-an. 500 cc. Disesuaikan dengan beberapa model yang lebih banyak dari yang sebelumnya.

Pada awal 2000-an, Isuzu menghadirkan transformasi pada model Panther, baik eksterior maupun interior. Ada juga dengan pilihan transmisi otomatis 4 kecepatan. Dan pada pertengahan dekade itu, Isuzu kemudian memroduksi Panther generasi terakhir. Bagian eksterior dan interiornya diubah, tapi tidak begitu banyak jika dibandingkan generasi sebelumnya.

Dibekali mesin standar Euro 2, inilah versi final Panther. Namun Panther generasi terbaru ini telah mengalami dua kali peningkatan atau modifikasi kecil pada desainnya. Selanjutnya kendaraan roda empat ini diekspor ke negara lain. Nama Crosswind digunakan untuk menyebut produk yang diekspor ke Manila. Pada bulan September 2017, ekspor dihentikankarena Filipina menerapkan standar emisi Euro 4 mulai tahun.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) yang merupakan anak perusahaan produsen mobil ternama Belanda APTI Group telah menghentikan produksi mobil Ispa baru bernama Isiel Panther di Indonesia. Tira Ardianti, Head  Investor Relations Astra, mengatakan langkah tersebut dilakukan karena IAMI nantinya akan lebih fokus mengembangkan kendaraan niaga lainnya.

Izuzu panther tidak lagi Diproduksidi Indonesia oleh PT Astra International Tbk (ASII) dan anak perusahaannya, Associated Malaysia Motors (Isia) Tira Ardianti, Head  Investor Relations Astra, mengatakan langkah tersebut dilakukan karena IAMI nantinya akan lebih fokus mengembangkan kendaraan niaga lainnya. Contohnya saja seperti  sport utility vehicle (SUV) produksi IAMI, Isuzu MU-X. “Isuzu fokus ke CV (multi-tujuan vehicle), mereka  punya kendaraan penumpang/PV seperti MU-X, tapi fokus utama di CV,” ujarnya kepada CNBC Indonesia, Kamis (2 November 2021).

Kemungkinan besar karena pertimbangan tersebut, IAMI meninggalkan produksi mobil yang hadir di Indonesia sejak tahun 1991. Namun, tindakan ini menimbulkan kekhawatiran pengguna saat ini yang membutuhkan suku cadang resmi dan mudah diakses. Meski begitu, Attias menilai pengguna Isuzu Panther tidak perlu khawatir dengan kesulitan yang akan terjadi di masa depan. “Kami berjanji akan terus melayani Anda dalam hal servis dan pasokan suku cadang,” ujarnya. Sedangkan bagi pengguna Panther tidak perlu khawatir."

Penggemar Isuzu Panther yang terkenal "bandel"  bisa berbelaskasihan, karena Izuzu Panther Tidak lagi Diproduksi, artinya sudah "dihentikan". PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku Authorized Brand Dealer (APM) resmi mengumumkan penghentian produksi Isuzu Panther.

Nah itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai alasan kenapa Izuzu Panther tidak lagi diproduksi dipasaran semoga apa yang bisa saya sampaikan diatas sangat bermanfaat untuk Anda terimaksih.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: