12 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

12 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal-Istockphoto: SewcreamStudio-

6. Kol 

Kol atau kubis merupakan sayuran yang kaya akan vitamin K, C, dan B serta rendah kalium, fosfor, dan natrium. Kubis tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan Anda, tetapi juga membantu kesehatan organ ginjal.

BACA JUGA:9 Manfaat Rebusan Daun Binahong bagi Kesehatan, Rahasia Alami guna Cegah Penyakit  

7. Paprika 

Paprika kaya akan nutrisi seperti vitamin A dan C yang merupakan antioksidan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bagi penderita penyakit ginjal, rutin mengonsumsi paprika dapat membantu mencegah gejala semakin parah. 

8. Lobak 

Lobak adalah sayuran lain yang baik untuk kesehatan ginjal. Sayuran berwarna putih ini sangat rendah kalium dan fosfor serta mengandung banyak nutrisi lain, seperti vitamin C, antioksidan yang meningkatkan kesehatan ginjal.

9. Nanas 

Nanas merupakan buah yang baik untuk ginjal karena kaya nutrisi dan rendah potasium. Kaya akan vitamin C dan bromelain, enzim sejenis antioksidan. Senyawa ini memiliki sifat anti inflamasi.

BACA JUGA:7 Manfaat Madu untuk Kesehatan Pria Dewasa, Simak dan Jangan Sampai Terlewatkan!

10. Blueberry 

Buah berukuran kecil berwarna merah ini mengandung fitonutrien bernama proanthocyanidin tipe A. Senyawa ini mampu mencegah bakteri menempel pada paru-paru dan lapisan lambung. Manfaat lainnya adalah senyawa ini dapat mencegah infeksi. Bagi penderita penyakit ginjal, blueberry merupakan salah satu buah terbaik. 

11. Jamur shitake 

Jamur shitake dapat dijadikan makanan pengganti bagi orang yang mengonsumsinya untuk kesehatan ginjal. Karena makanan ini rendah protein, jamur shitake memberikan rasa gurih dan tekstur kenyal mirip daging merah. Jamur jenis ini kaya akan vitamin B yang baik, zinc, mangan, selenium dan sedikit potasium. 

12. Kacang merah 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: