Hadapi Pemilu dan Kerawanan Bencana, Linmas Desa Dapat Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Hadapi Pemilu dan Kerawanan Bencana, Linmas Desa Dapat Pelatihan Peningkatan Kapasitas

PELATIHAN- Kepala Desa Langkap menyerahkan kelengkapan anggota Linmas saat mengikuti kegiatan pelatihan guna memahami tugas dan fungsi di tengah masyarakat.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES -

BUMIAYU, DISWAYJOGJA - Sebagai upaya peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Pemerintah Desa Langkap, Kecamatan Bumiayu berkoordinasi dengan Polsek dan Koramil Bumiayu menggelar Kegiatan peningkatan kapasitas bagi anggota Linmas Desa, Selasa (28/11/2023).

BACA JUGA:2024, Kemendes dan Disway National Network Jalin Kerjasama

Pelatihan guna memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi Linmas, diisi sejumlah materi diantaranya Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN), Kamtibmas, Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Linmas, Kesamaptaan, perlindungan masyarakat, penanganan bencana dan kekhususan.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut Kasi Trantib Kecamatan Bumiayu Aang Khunaefi, Polmas Polsek Bumiayu Brigadir Fuad Ridho Mukti, bersama dengan Babinsa Koramil 8 Bumiayu Serda Arianto.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Setrika Terbaik 2023: Hasil Rapi, Mudah Digunakan, dan Ramah Dikantong

Mustolih selaku Kades Langkap menyambut baik kegiatan tersebut. Dikatakan, pembinaan Satlinmas desanya sebagai bagian dari program kegiatan pemberdayaan masyarakat. "Melalui kegiatan ini, diharapkan saat Linmas terjun di tengah masyarakat bisa memahami tugas mereka, membantu Pemerintah dalam menjaga lingkungan," kata Kades.

BACA JUGA:Review AC Portable Terbaik dan Murah, Sudah Banyak yang Beli Lho!

Satlinmas, lanjut dia, juga mempunyai beberapa fungsi, yakni membantu memelihara dan meningkatkan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam.

BACA JUGA:5 Merk Kipas Angin Paling Banyak Dicari, Kualitasnya Bukan Kaleng-Kaleng

Terlebih dengan berlangsungnya agenda Pemilihan Umum, maka Satlinmas juga berperan dalam turut serta membantu mensukseskan pelaksanaanya," imbuh Mustolih.

Kasi Trantib Kecamatan Bumiayu Aang Khunaefi menyampaikan, Satlinmas adalah satuan perlindungan masyarakat desa yang mempunyai tugas mendukung penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan.

BACA JUGA:Tiga Siswa SMPN 2 Brebes Boyong 2 Medali Emas dan 1 Perunggu

Selain itu, membantu aparat pemerintah dalam pemeliharaan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Serda Arianto menambahkan peranan Satlinmas dalam membantu pemerintah daerah, kepolisian dalam harkamtibmas, perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara, dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di desa.

Demikian banyak peran dan fungsi Linmas di tengah masyarakat, karenanya kami berharap para anggota Linmas bisa memahami tugas dan fungsi mereka," jelasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: