Beginlah Tips and Trik Cara Mengatasi Smart TV yang Tidak Bisa Terhubung Ke Wiffi! Anda Wajib Tau!

Beginlah Tips and Trik Cara Mengatasi Smart TV yang Tidak Bisa Terhubung Ke Wiffi! Anda Wajib Tau!

Beginlah Tips and Trik Cara Mengatasi Smart TV yang Tidak Bisa Terhubung Ke Wiffi! Anda Wajib Tau! - Freepik--

DISWAY JOGJA - Selain mulai beralih ke TV digital, banyak pengguna yang terkena dampak ASO (Analog Switch Off) juga  mulai beralih ke perangkat Smart TV.

Smart TV yang dapat mengakses siaran digital adalah TV berkemampuan DVB-T2.  Namun meski tidak semua Smart TV memiliki fitur ini, pengguna tetap bisa menikmati berbagai aplikasi streaming atau video-on-demand, seperti YouTube, Netflix, dan Disney Hotstar.

Untuk menikmati layanan ini, pengguna perlu menghubungkannya dengan fungsi WiFi. Namun, pengguna terkadang menemui berbagai kesalahan. Salah satunya adalah Smart TV tidak bisa terhubung ke WiFi.

Ketika Smart TV tidak dapat terhubung ke WiFi, pengguna akan menerima pemberitahuan bahwa pengaturan IP otomatis gagal. Jadi, Anda tidak bisa menggunakan layanan streaming internet seperti YouTube, Netflix, dll.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut Disway Jogja rangkum cara mengatasi Smart TV yang tidak bisa konek ke Wifi. Maka dari itu kita akan mengupas tuntas permasalahan ini.

1. Anda Harus Mencoba Sambungkan Ke Jaringan WiFi Lain.

Cara mengatasi TV  tidak  terhubung ke WiFi yang pertama adalah dengan menghubungkan TV ke jaringan WiFi lain.

Berikut cara menyambung ke jaringan WiFi lain di Samsung TV. Beberapa merek TV menawarkan langkah serupa untuk mengakses pengaturan Wifi.

Buka "Pengaturan" di TV Pilih opsi "Umum" > "Status Jaringan" > "Pengaturan Jaringan" Di bagian bawah koneksi nirkabel, pilih salah satu jaringan yang ingin Anda sambungkan Masukkan kata sandi Klik "Selesai" Jika TV terhubung berhasil  ke jaringan WiFi lain, artinya Anda perlu memperbaiki pengaturan router Anda

2. Putuskan dan Sambungan Kembali Ke Wiffi Anda

Cara selanjutnya untuk mengatasi rangkum cara mengatasi Smart TV yang tidak bisa konek ke Wifi adalah putuskan dan sambungkan kembali WiFi, pastikan kata sandi WiFi tidak diubah. Ingatlah jika kata sandi telah diubah, Anda tidak akan dapat terhubung ke Wifi. Oleh karena itu, Anda harus keluar dan memasukkan kembali kata sandi jaringan WiFi yang Anda pilih untuk disambungkan.
Berikut cara memasukkan kembali password WiFi.

Buka Pengaturan dan buka halaman koneksi nirkabel seperti pada metode sebelumnya. Pada halaman koneksi nirkabel, pilih “Kelola jaringan tersimpan” Pilih jaringan yang ingin Anda putuskan sambungannya dan pilih opsi “Hapus” Pilih jaringan Wifi lain yang ingin Anda sambungkan. kata sandi Klik “selesai”

3. Nyalakan Ulang TV dan Router Anda

Cara lain yang ketiga untuk mengatasi Smart TV yang tidak bisa konek ke Wifi adalah melakukannya dengan me-restart TV dan router. Ingatlah bahwa informasi yang disimpan di cache router atau TV mungkin rusak. Oleh karena itu, Anda tidak dapat terhubung ke jaringan Wifi. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat me-restart TV dan router Anda.

4. Tempatkan Router Anda di Dekat TV

Router yang ditempatkan terlalu jauh dari TV dapat melemahkan sinyal. Letakkan TV di tempat yang dekat dengan router agar dapat menerima sinyal yang baik. Selain itu, Anda juga dapat menghubungkan Smart TV Anda menggunakan kabel Ethernet untuk  koneksi WiFi yang baik.

Hubungkan TV dan router menggunakan kabel Ethernet. Jika kabel Ethernet berfungsi, itu berarti Anda tidak memiliki masalah dengan koneksi Internet Anda tetapi Anda memiliki masalah dengan pengaturan WiFi Anda.

5. Ubah Pengaturan Tanggal Dan Juga Waktu

Jika TV Anda diatur ke zona waktu yang berbeda dari router Anda, ini tidak akan menyinkronkan waktu dengan ISP Anda. Inilah penyebab TV tidak bisa konek ke WiFi.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan hanyalah mengubah pengaturan tanggal dan waktu  sesuai  zona waktu Anda. Berikut langkah-langkah mengatur zona waktu di TV Samsung.

Buka "pengaturan" TV Buka Umum dan pilih opsi "manajemen sistem" Pilih opsi "waktu" Pilih opsi "jam" Atur tanggal dan waktu sesuai  zona waktu Anda di halaman berikutnya Simpan perubahan zona jam.

Itulah adalah cara mengelola Smart TV yang tidak terhubung ke jaringan WiFi. Terimakasih semoga ini bermanfaat.(*)


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: