Salah Satu Penyebab AC Berisik dan Cara Mengatasinya Sebagai Solusi untuk Anda yang Mengalami Kebingungan!

Salah Satu Penyebab AC Berisik dan Cara Mengatasinya Sebagai Solusi untuk Anda yang Mengalami Kebingungan!

Air Conditioner--

DISWAY JOGJA - Kenyamanan di dalam rumah dapat terwujud dengan cara menghidupkan AC atau pendingin ruangan saat suhu udara sedang panas. Namun, ketika AC berisik, kenyamanan itu bisa langsung hilang. Mengetahui penyebab AC yang berisik dan cara mengatasinya sangat penting. 

Anda dapat tetap merasa nyaman di dalam rumah dengan suhu ruangan yang sejuk. Menurut referensi yang ada di internet, terdapat beberapa alasan mengapa AC bisa berisik dan juga solusi untuk mengatasinya.

BACA JUGA:Tips dan Solusi Mengatasi 5 Masalah Umum pada AC Dinding

AC bisa berisik karena beberapa alasan yang umum. Pertama, biasanya filter AC menjadi kotor atau tersumbat sehingga mengganggu aliran udara yang menghasilkan suara yang tidak diinginkan. Selain itu, komponen dalam AC yang kendor juga bisa menjadi penyebab berisiknya AC.

Terakhir, masalah pada kompresor AC juga bisa menyebabkan suara yang tidak nyaman ketika AC dioperasikan. Semakin filter AC kotor, semakin tinggi kerja AC dan ini bisa menyebabkan kebisingan ekstra.

Tanda-tanda bahwa bilah kipas mungkin patah, bengkok, kendor, atau retak juga dapat terlihat dari bunyi yang baru atau tidak biasa. Menurut Mitchell, hal ini dapat mengakibatkan kipas menjadi tidak seimbang dan kemungkinan bahkan dapat menyentuh bagian lain dari AC.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Merk Kipas Angin Dinding Terbaik yang Patut Dipertimbangkan, Harga Mulai 100 Ribuan!

Menurut pakar AC perumahan, Heidi Gehring dari Carrier, ketika suara AC terdengar seperti mendesis, kemungkinan ada kebocoran pada salurannya. 

Ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan getaran dan kebisingan pada AC yang tidak merata. Kadangkala, angin dapat menjadi penyebabnya. Menurut Gehring, Anda akan mendengar suara siulan melalui saluran balik dan saluran udara. 

AC yang beroperasi dengan kondisi baik mungkin akan terdengar berbeda apabila digunakan dilingkungan yang lain. Ketergantungan ini sangat dipengaruhi oleh pemasangan dan kondisi lingkungan sekitar. 

Contohnya, tingkat kebisingan dari blower AC yang sama akan berbeda jika dipasang di tanah di antara dinding dibandingkan dengan dipasang di atap. 

Penyebab lain dari semua kebisingan tersebut bisa disebabkan oleh AC yang terlalu besar untuk ruangan yang akan didinginkannya. 

AC secara teratur mengalami kematian dan kehidupan yang berlebihan, menghasilkan level kebisingan yang melebihi kebutuhan.

Di samping itu, ada kemungkinan bahwa hewan-hewan kecil dapat masuk ke dalam blower AC dan menjadi penyebab suara bising yang dihasilkan oleh AC. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: