Diduga Lalai saat Perbaikan, Kapal Agung Jaya di Kolam Pelindo Kota Tegal Kebakaran

Diduga Lalai saat Perbaikan, Kapal Agung Jaya di Kolam Pelindo Kota Tegal Kebakaran

Diduga lalai saat perbaikan, KM Agung Jaya l Gt 97 T mengalami kebakaran pada Sabtu (6/11/2023) sekitar pukul 09.20 WIB di Kolam Pelindo, Tegal Timur.-DOK.-

TEGAL, DISWAYJOGJA - Diduga lalai saat perbaikan, KM Agung Jaya l Gt 97 T mengalami kebakaran pada Sabtu (6/11/2023) sekitar pukul 09.20 WIB di Kolam Pelindo, Tegal Timur. Beruntung api berhasil dipadamkan, hingga penyelamatan ratusan kapal lainnya yang bisa diurai.

BACA JUGA:2023, Akses Keluar Masuk Kapal di Pelabuhan Pelindo Tertata Rapi

General Manager Pelindo Tegal Tri Sugiatno mengaku sempat panik saat mendengar laporan adanya kapal yang bersandar di kolam Pelindo kebakaran. ”Kami juga langsung turun ke lapangan, dan mengurai kapal agar menjauh dari objek kapal yang tengah terbakar. Kemudian kami menggandeng kapal tugboat untuk menderek KM Agung Jaya yang terbakar ke tengah laut,” jelas Tri Sugiatno, Senin (6/11/2023).

BACA JUGA:Waw, Nasabah BRI Cabang Tegal Dapat Hadiah Mobil Xpander

Dari informasi yang didapat, kebakaran diduga dipicu adanya pekerjaan perbaikan kapal pada area kamar mesin gerinda yang dipakai oleh tukang dalam perbaikan knalpot. Sementara aktivitas tersebut menimbulkan percikan hingga mengenai saluran solar dan mengakibatkan terbakar pada kamar mesin.

BACA JUGA:4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli AC Second

”Alhamdulillah api berhasil dipadamkan pada pukul 10.10 Wib oleh apar milik Pelindo dan disiagakan bantuan 2 mobil pemadam kebakaran untuk mengantisipasi kebakaran yang lebih fatal. Kemudian pemadaman dibantu oleh tenaga dari unsur maritim Pelabuhan Tegal KSOP, Lanal, Pelindo, SKP, Airud, dan Polres,” jelas Tri Sugiatno.

Meski telah padam, tapi petugas tetap melakukan upaya pendinginan kapal yang sempat terbakar. Hingga akhirnya kapal dievakuasi ditarik tug boat menuju dok PT DSI. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: