2023, Akses Keluar Masuk Kapal di Pelabuhan Pelindo Tertata Rapi

2023, Akses Keluar Masuk Kapal di Pelabuhan Pelindo Tertata Rapi

RAPAT - General Manager Pelindo Tegal Tri Sugiatno (kiri) saat pimpin rapat koordinasi dengan Syahbandar dan Polair. -AGUS WIBOWO/RATEG -

TEGAL, DISWAYJAOGJA – Sepanjang 2023, akses keluar masuk kapal ikan yang parkir di lahan Pelindo kini semakin tertata rapi. Para pengurus kapal ikan juga diminta untuk aktif agar kesempatan untuk parkir kapal lainnya bisa bergantian.

BACA JUGA:2 Sepeda Motor di Asrama Angkatan Laut Kota Tegal Dicuri Maling

”Alhamdulillah, sepanjang 2023 ini, penataan kapal ikan yang parkir di lahan Pelindo mulai terjaga. Bahkan, lalulalang kapal yang akan masuk atau keluar pun bisa semakin mudah,” kata General Manager Pelindo Tegal Tri Sugiatno, Kamis (26/10/2023).

Menurut Tri Sugiatno, awalnya memang banyak kapal yang susah diatur. Namun, pihaknya mengeluarkan aturan tegas agar bisa terwujud pelabuhan yang nyaman dan aman. ”Kami juga menggandeng Syahbandar, AL hingga Polair untuk bisa menata lahan parkir,” ungkap Tri Sugiatno.

BACA JUGA:7 Kesalahan Umum yang Perlu Diwaspadai saat Ditagih oleh Debt Collector Pinjol

Tri Sugiatno menjelaskan, sebenarnya Pelabuhan Pelindo merupakan Pelabuhan barang. Namun karena Pelabuhan ikan di Jongor tidak memadai, akhirnya nelayan melalui Pemkot Tegal meminta agar Pelindo bisa dimanfaatkan pula oleh kapal ikan.

”Guna mendorong upaya Pelabuhan yang tertata rapi, kami juga mendirikan dua posko. Di depan kantor Pelindo dan di ujung muara,” ungkap Tri Sugiatno.

Bahkan hasil penataan tersebut, tercipta dalam sejarah saat mau lebaran hingga pascalebaran, banyak kapal bisa beraktivitas keluar masuk Pelabuhan Pelindo. Ada yang bongkar kapal ataupun mau melaut.

”Alhamdulillah, sampai dengan sekarang teman-teman nelayan juga mau menuruti aturan Pelindo. Ini juga bertujuan agar ketika ada sebuah kejadian musibah, penguraian kapal pun bisa dengan mudah,” ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: