Kamu Wajib Paham! Ini dia 5 Kesalahan dalam Menggunakan AC yang Sering Terjadi tanpa Disadari

Kamu Wajib Paham! Ini dia 5 Kesalahan dalam Menggunakan AC yang Sering Terjadi tanpa Disadari

5 kesalahan dalam menggunakan AC yang sering dilakukan pengguna--

Oleh karena itu, jangan menunggu hingga musim kemarau tiba untuk sekedar memeriksa unit. Lakukan pemeriksaan secara rutin setiap bulannya.

2. Tidak Memiliki Termostat

Kesalahan kedua dari pengguna dalam penggunaan AC adalah tidak memiliki Termostat yang dapat diprogram untuk mengatur suhu.

Perlu diingat, jika terlalu sering menyesuaikan ulang pengaturan suhu, AC akan mendapat tekanan ekstra berlebih yang berefek pada umur dari unit tersebut.

Termostat yang dapat diprogram ini akan memudahkan pengguna dalam mengatur suhu didalam ruangan sepanjang hari ketika digunakan.

Selain membantu unit AC bekerja maksimal dan juga berjalan lebih efisien, pemakaian listriknya pun akan lebih hemat.

3. Jarang Membersihkan Filter

AC bekerja dengan cara mengisap udara kemudian mengeluarkannya melalui reaksi kimia dari cair ke gas secara terus menerus.

Reaksi tersebut akan membuat udara di sekitar unit menyerap hawa panas dan sekaligus akan menurunkan suhunya.

BACA JUGA: Kenali Ciri-Ciri AC Kurang Freon, Pengguna Wajib Tau ini!

Ketika partikel yang diambil makin banyak, ada kemungkinan filter AC akan mengalami penyumbatan dan membuat unit bekerja lebih keras dari biasanya.

Untuk itu, Kamu harus secara rutin membersihkan filter AC seminim-minimnya satu kali setiap bulannya serta mematikan daya sebelum membersihkannya.

4. Memasang AC pada Tempat Cerah

Sebisa mungkin untuk Kamu jangan memasang unit AC pada tempat cerah karena akan membuat perangkat bekerja lebih keras guna mendinginkan udara.

Akan lebih baik jika AC dipasang pada tempat yang teduh. Terkhusus unit outdoor, pastikan agar tidak ada pohon, semak, bunga maupun bangunan yang menghalangi unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: