Beginilah 6 Dampak Negatif Pinjol! Bagi Anak Muda Hingga Orang Tua! Anda Wajib Tau!

Beginilah 6 Dampak Negatif Pinjol! Bagi Anak Muda Hingga Orang Tua! Anda Wajib Tau!

dampak negatif pinjol yang perlu Anda perhatikan - Freepik--

DISWAY JOGJA - Kemuculan pinjaman online di kalangan anak muda hingga orang tua menjadi tidak heran lagi ya,  apalagi ketika Seseorang itu sedang membutuhkan pinjaman secara cepat.

Pinjol ini juga persyaratannya yang yang sangat sederhana dan mudah hanya membutuhkan data diri peminjam saja. Dan juga proes pencairan uangnya cepat, nah pinjaman online ini menjadikan peranan yang menarik untuk orang yang sedang membutuhkan uang.

Tapi, seperti hal hal lain di kehidupan pinjol jiga pasti memiliki dampak negatif yang perlu Anda perhatikan, terutama bagi anak muda bahkan orang tua. Sudah banyak seseorang menghilangkan nyawa dirinya sendiri gara gara kellit pinjaman online dan juga gagal bayar (Galbay).

Tidak hanya itu ketika seseorang tidak setor tagihan pinjol seusai jadwal yang harus setor uang tersebut. Secara tidak langsung para DC (Dept Collector) biasanya akan mendatangi para nasabah yang tidak membayar setorannya, bahkan sampai di telefon hingga berkali-kali.

BACA JUGA:3 Pihak yang Jadi Sasaran Utama Debt Collector (DC) Pinjol Saat Menagih Hutang dari Nasabah yang Kabur

DC juga biasanya menagih utang pinjaman online dengan cara mendatangi rumah atau bahkan  kantor nasabah yang berhutang setelah tanggal, hari, dan bulan yang ditentukan. Saat ini, opini publik sedang banyak memberikan opini mengenai penampilan DC yang tidak pantas. Bahkan tak jarang mereka meneror banyak nasabah di luar kesepakatan yang telah disepakati. Selain itu, ternyata  banyak warga Washington yang mengaku melanggar hukum di luar standar wajar.

Menurut sumber berita Okezone, terdapat informasi adanya nasabah  yang  bunuh diri karena terlilit utang dan ancaman  tidak pantas dari debt collector (DC). Menyusul pemberitaan tersebut, banyak pihak yang mengaku sebagai korban terorisme dan mendapat ancaman serupa yang dialami beberapa nasabah. Biasanya, ancaman yang  diterima antara lain berupa pembagian data pribadi, perintah fiktif atas nama korban dengan cara pembayaran tunai, dan ancaman terhadap keselamatan individu korban dan keluarganya.

1. Masalah Hubungan Sosial

Pinjaman atau bisa disebut juga pinjaman online bisa berdampak pada masalah sosial anak muda. Mereka yang terlilit utang tidak mau berbicara dengan teman sampai keluarga tentang masalah keuangaan mereka. Hal ini juga menjadi menghambat komunikasi yang sehat dan membantu mengatasi masalah keuangan.

BACA JUGA:7 Kesalahan Umum yang Perlu Diwaspadai saat Ditagih oleh Debt Collector Pinjol

2. Menghambat Perkembangan Keuangan Yang Sehat

Penggunaan Pinjaman Online yang berlebihan  dapat berdampak buruk bagi perkembangan keuangan yang sehat. Kaum muda mungkin kehilangan kesempatan untuk belajar tentang pengelolaan keuangan, menabung dan berinvestasi karena  terlalu fokus pada pembayaran utang.

3. Menyalahgunakan Modal Pinjaman Untuk Keperluan  Konsumsi Yang Tidak Penting

Memang banyak anak muda yang memanfaatkan pinjaman online untuk keperluan konsumsi non-esensial seperti liburan hingga sampai membeli barang mewah sekedar untuk memamerkan barang mewahnya kepada teman-temannya. Hal ini secara tidak langsung dapat menyebabkan pemborosan dan memperburuk situasi keuangan mereka.

BACA JUGA:Waspadalah! Inilah 4 Sanksi Besar Jika Nasabah Pinjol Tidak Bisa Bayar Pinjaman

4. Suku Bunga Tinggi dan Biaya Tersembunyi

Nah inilah salah satu dampak negatif yang ke empat dari pinjaman online adalah tingginya suku bunga atau rentenir yang seringkali tersembunyi di balik penawaran yang tampaknya menarik. Banyak platform Pinjol yang menawarkan pinjaman dengan suku bunga  jauh lebih tinggi dibandingkan  lembaga keuangan konvensional. Hal ini dapat menimbulkan beban keuangan yang berat bagi generasi muda yang tidak memiliki pendapatan stabil.

5. Tekanan Mental dan Gampang Emosional

Meningkatnya hutang dan tekanan untuk membayar kembali dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan ketegangan mental yang berlebihan di kalangan generasi muda. Mereka mungkin merasa terjebak dan tidak tahu bagaimana cara melunasi utangnya, sehingga berdampak buruk pada kesehatan mental mereka.

BACA JUGA:Kamu Mengalami Galbay dan Sering Diteror DC Pinjol? Ini 6 Cara Untuk Menghindarinya dengan Mudah

6. Siklus Utangnya Panjang

Dampak yang terakhir dari pinjaman online ini Anak muda sekarang yang terdampar di Pinjol kerap mengalami siklus utang yang panjang. Mereka mungkin harus mengambil pinjaman baru untuk melunasi pinjaman  lama, yang pada akhirnya dapat menyebabkan pertumbuhan utang yang tidak terkendali. Masalah yang satu ini bisa sangat merusak dan membuat mereka terjebak dalam kecanduan utang.

Nah itu saja yang saya bisa sampaikan tentang 5 dampak negatif dari pinjol (pinjaman online) terimakasih semoga apa yang di sampaikan tadi bermanfaat buat Anda.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: