10 Langkah Mencuci AC Dinding Dengan Peralatan Sederhana, Cara Murah Meriah Merawat AC di Rumah!!

10 Langkah Mencuci AC Dinding Dengan Peralatan Sederhana, Cara Murah Meriah Merawat AC di Rumah!!

-Langkah-Langkah mencuci ac dinding dengan peralatan sederhana -

3. Blower 

4. Talang air atas dan bawah

5. Kisi-kisi pada kondensor (unit outdoor)

BACA JUGA:Deretan AC 1/2 PK Low Watt, Agar Tagihan Listrik Tak Membengkak

Langkah-langkah yang dilakukan

1. Pastikan ac dalam kondisi mati, pastikan ac dinding dalam kondisi off atau cabut    colokan dari kontak listrik

2. Buka cover ac, lepaskan cover dari pengait dan baut yang mengunci dengan unit indoor. 

3. Bersihkan filter. Semportkan air dengan spray pada filter udara hingga basah, kemudian mulailah gosok dengan sikat gigi sampai debu yang menempel berjatuhan.

4. Bersihkan evaporator. Setelah cover terangkat, bersihkan evaporator dengan menyemprotkan air melalui spray terlebih dahulu hingga basah. Kemudian gosok dengan sikat gigi secara telaten.

5. Bersihkan juga evaporator bagiah belakang. Jika evaporator bagian depan sudah bersih, selanjutnya bersihkan bagian belakang evaporator. 

6. Bersihkan blower ac. Sama seperti cara sebelumnya, selanjutnya lakukan pula pada blower ac hingga tidak ada debu yang menempel.

7. Bersihkan talang ac. Talang ac merupakan tempat mengalirnya air menuju selang pembuangan yang mengarah keluar. Dengan membersihkan talang ac, mencegahnya tersumbat dari debu yang berjatuhan sebagai penyebab air menetes di dalam ruangan.

8. Jika unit indoor dirasa sudah bersih, lanjutkan pembersihan pada bagian outdoor. Karena berada di luar ruangan kita dapat menggunakan selang jika memungkinkan kemudian lanjutkan gosok dengan sikat sampai bersih.

9. Taruh kanebo pada tempat keluarnya udara dingin dari ac. Jika semua unit sudah dibersihkan, taruh kanebo pada unit indoor tepat pada ruang keluarnya udara. Tujuannya agar air yang tersisa dari proses pembersihan tidak menciprat ke segala penjuru ruangan.

10. Nyalakan ac, dan tunggu sampai tidak ada yang yang terbawa udara keluar. Jika sudah, maka ac dapat digunakan kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: