Servis AC di Rumah, Ketahui Permasalahan Pada Merek AC Terbaik

Servis AC di Rumah, Ketahui Permasalahan Pada Merek AC Terbaik

Permasalahan Pada Merek AC Terbaik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Sama seperti pada alat elektronik yang lainnya, merek AC terbaik juga mempunyai masa hidup. Termasuk sebagai alat elektronik yang memiliki masa hidup cukup lama, masalah pada AC di rumah kamu bisa saja muncul.

Penting bagi kamu untuk tahu berbagai permasalahan yang biasa ditemukan pada merek AC terbaik. Apabila masalahnya bisa kamu atasi sendiri, maka kamu tidak harus menghabiskan biaya untuk panggil jasa servis AC ke rumah kamu.

BACA JUGA : Jangan Salah Pasang, Posisi Yang Benar Untuk Merek AC Terbaik Anda

Berikut berbagai masalah yang baisa terjadi pada merek AC terbaik di rumah :

1. AC Tidak Dingin

Faktor yang dapat menjadi penyebab udara yang dikeluarkan oleh AC jadi tidak dingin, diantaranya yaitu daya kerja pada merek AC terbaik tidak sesuai luas ruangan, pengaturan pada remote AC tidak sesuai, dan keadaan ruangan ber-AC sering terkena sinar matahari. Apabila salah satu dari faktor penyebab tersebut terjadi pada AC kamu, maka kamu jangan terburu-buru untuk memanggil jasa servis AC.

2. AC Panas

Apabila udara yang dihasilkan oleh AC rasanya panas, mungkin kompresor AC kepanasan atau mengalami overheat. Hal ini disebabkan karena terdapat komponen AC yang sudah rusak, seperti sistem AC yang bocor atau karena tekanan freon terlalu tinggi.

3. AC Mati

Komponen AC yang telah rusak bisa menjadi penyebab dari masalah ini. Masalah ini biasanya terjadi ketika AC telah lama tidak dihidupkan. Untuk masalah yang ini, kamu sebaiknya panggil jasa servis AC.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Karet Pintu Merek Kulkas Terbaik

4. AC Bocor

Akibat dari masalah ini yaitu terdapat air yang akan menetes dari dalam AC. Hal ini biasanya berhubungan dengan ada kebocoran di pemasangan rangkaian pada jalur gas freon yang dilapisi oleh pipa sanitasi.

Freon yang mengalami kebocoran bisa berbahaya bagi kesehatan, seperti iritasi mata, lidah, hidung, tenggorokan, dan lainnya.

Apabila kamu curiga freon sudah bocor, maka kamu ahrus segera panggil teknisi servis AC ke rumah kamu untuk mengatasinya.

5. AC Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Angin yang keluar dari AC bau tidak sedap bisanya terjadi karena ada bangkai binatang berukuran kecil yang mati di dalam AC kamu. Kamu dapat membuka penutup AC untuk memeriksa apakah terdapat bangkai binatang di dalamnya atau hanya menempel di filter AC.

6. Hembusan Angin AC Lemah

Penyebab kendala ini biasanya karena saluran duct terjadi kebocoran, penyumbatan yang terjadi di ventilasi, dan rendahnya tingkat refrigeran.

7. Filter AC Kotor

Filter pada AC yang mengalami penyumbatab bisa membatasi aliran udara dan membuat efisiensi sistem pada AC akan menurun.

Filter yang keadannya kotor juga akan membuat kemampuan sistem berkurang dalam membuat udara jadi dingin dengan efektif.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Lampu Merek Kulkas Terbaik Yang Mati, Ini Penyebabnya

8. Bunyi AC Tidak Normal

Ketika AC dinyalakan, AC memang akan mengeluarkan suara. Tetapi suara yang keluar biasanya akan terdengar halus dan tidak terdengar brisik.

Apabila suara AC terdengar tidak seperti biasanya dan keras, bisa jadi itu pertanda bahwa terdapat masalah pada AC kamu. Masalah itu asalnya dari motor atau kompresor AC yang mengalami kerusakan. Bisa juga terdapat sesuatu yang nyangkut di kipas AC atau masalah kapasitor.

9. Kompresor Bermasalah

Kompresor adalah komponen yang penting pada AC yang bertugas membantu refrigerant dalam melakukan pertukaran panas dan mengatur tekanan pada AC. Kotornya koil, level refrigerant yang berubah, dan kekurangan pelumasan bisa berakibat terjadinya kegagalan kompresor AC.

Apabila refrigerant pada AC kurang, maka akan membuat kompresor AC jadi panas dan berhenti untuk bekerja. Tetapi refrigerant yang terlalu berlebihan juga dapat mengakibatkan peningkatan pada tekanan di dalam sistem yang bisia mengakibatkan kegagalan kompresor pada AC.

BACA JUGA : Bisa Ganti Sendiri, Berikut Cara Mengisi Freon Merek Kulkas Terbaik

Agar merek AC terbaik di rumah kamu terus awet dan bisa berfungsi dengan baik, maka harus dilakukan perawatan pada AC secara berkala. Setidaknya, AC bisa terus menghasilkan udara yang sejuk dan bersih sehingga kualitas udara di dalam ruangan kamu bisa terjaga dengan baik.

Apabila AC kamu tidak menunjukkan adanya masalah yang khusus, AC bisa diservis satu kali dalam satu tahun. Dilakukannya hal ini bertujuan untuk mengecek komponen yang ada pada AC apakah masih layak digunakan dan AC masih bisa berfungsi dengan baik atau AC sudah mulai menunjukkan beberapa masalah.

Itulah beberapa masalah yang perlu kamu kenali sebelum kamu melakukan service pada merek AC terbaikmu. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: