Harga Cabai Rawit Setan di Kota Tegal Tembus Rp90 Ribu per Kg

Harga Cabai Rawit Setan di Kota Tegal Tembus Rp90 Ribu per Kg

MAHAL - Harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kota Tegal hampir setiap hari mengalami kenaikan.-AGUS WIBOWO/RATEG -

TEGAL, DISWAYJOGJA- Harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kota Tegal hampir setiap hari mengalami kenaikan. Sebab, dari hari sebelumnya harga cabai setan tembus Rp80 ribu per kilogram(Kg). Namun, satu hari setelhanya, yakn Kamis (28/10/2023) harga cabai setan nak menjadi Rp90 ribu per kg.

BACA JUGA:Dikeluhkan, Harga Cabai Rawit Setan Tembus Rp70 Ribu Per Kg

Dari informasi yang dihimpun dari beberapa sumber di lapangan, hampir semua jenis cabai mengalami kenaikan. Namun kenaikan tertinggi pada cabai setan yang kini bisa tembus di angka Rp 90.000 per kilogram nya.

Kondisi inipun bukan hanya membuat pembeli kelimpungan, para pedagang pun mengaku hal serupa. Diduga kenaikan cabai ini dampak dari kemarau panjang hingga mengakibatkan menurunnya produksi cabai.

BACA JUGA:Harga Cabai Merah Keriting di Tegal Tembus Rp80 Ribu/Kg

”Semuanya naik. Namun saat ini, paling mahal adalah cabai setan,” kata Salamah, pedagang sembako dan sayuran, di pasar tradisional Kota Tegal, Kamis (26/10/2023).

Menurut Salamah, untuk Cabai teropong dan keriting merah juga telah naik dari Rp30.000 menjadi Rp40.000 per kilogram. Kemudian cabai rawit hijau dari Rp40.000 menjadi Rp45.000 per kilogram serta rawit putih Rp40.000 per kilogram.

”Harga seluruh cabai naik lagi, jumlah stok berkurang karena tidak ada produksi dan pengiriman dari beberapa daerah sentra cabai berkurang,” imbuh Salamah.

BACA JUGA:Bukan Hanya Pedas, Cabai Memiliki 8 Manfaat Ini untuk Kesehatan

Hal serupa juga diungkapkan pedagang lainnya di Pasar Pagi, Iroh. Dia menyebut, akibat pasokan kurang banyak pedagang memilih istirahat berdagang. Sedangkan pedagang kecil (pengecer) di beberapa pasar tradisional masih tetap berjualan dengan dagangan terbatas.

Di tempat yang sama, salah satu pembeli, Erni mengaku uang Rp10.000 kini hanya dapat sekitar 20 biji cabai rawit merah atau sebanyak 1 ons saja. ”Kemarin Rp10.000 bisa dapat 8 ribu. Hari ini sudah naik lagi,” jelasnya.

Dia berharap, pemerintah pusat diminta agar tidak fokus pada politik saja. Melainkan persoalan harga- harga sembako pun tetap dipikirkan. Karena harga telur dan beras saja hingga kini belum pulih. Hingga akhirnya harga cabai pun ikut naik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: