Dikeluhkan, Harga Cabai Rawit Setan Tembus Rp70 Ribu Per Kg

Dikeluhkan, Harga Cabai Rawit Setan Tembus Rp70 Ribu Per Kg

HARGA CABAI NAIK - Harga cabai rawit setan kini mendadak meroket dan belum tahu penyebabnya. -AGUS WIBOWO/RATEG -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Dalam beberapa hari ini, harga cabai rawit setan dikeluhkan pedagang dan pembeli di Kota Tegal. Sebab, harga cabai mendadak melangit. Khususnya harga cabai rawit setan yang kenaikannya tembus Rp70 ribu per kg.

BACA JUGA:Harga Cabai Merah Keriting di Tegal Tembus Rp80 Ribu/Kg

Berdasarkan pantauan di Pasar Tradisional Martoloyo dan Pasar Pagi Tegal, Sabtu (21/10), kenaikan harga cabai rawit merah setan kini mencapai Rp70 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya harganya hanya Rp55 ribu- 60 ribu per kg. Sementara cabai lain yang mengalami kenaikan adalah cabai merah keriting. Semula Rp50 ribu kini menjadi Rp60 ribu per kg.

Kenaikan harga cabai rawit merah tersebut dikeluhkan pedagang dan pembeli. Hal ini seperti dikatakan beberapa pedagang sayuran di pasar tradisional di Kota Tegal.

BACA JUGA:Rekomendasi Smart TV Terbaik Harga Rp 2 Jutaan, Dijamin Awet!

”Sejak harga cabai tinggi, kami pun tidak berani menyetok cabai dalam jumlah banyak. Jika biasanya lima kilogram, kini hanya berani menyetok tiga kilogram,” kata Salamah, pedagang sayuran, Sabtu (21/10/2023).

Menurut dia, semua jenis cabai-cabaian ini mengalami kenaikan harga. Namun kenaikan yang paling tinggi yakni rawit setan yang tembus Rp70 ribu per kg. ”Padahal jika normal harga rawit  setan Rp45 ribu, yang keriting Rp35 ribu,” ujar Salamah.

Meskipun harga cabai tinggi, konsumen tetap membeli, tapi mengurangi jumlah pembelian. ”Masih ada yang membeli, tapi mendadak drop dalam penjualan,” aku Salamah.

BACA JUGA:Jangan Tergoda, TV Nuansa Bioskop Ini Punya Resolusi Gambar Super Bening

Di tempat yang sama, seorang pembeli, Sari mengaku, sebelumnya biasa membeli cabai dengan jumlah banyak. Namun kini hanya beli dengan sistem eceran. Sebab, untuk memasak satu hari dirinya harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli cabai. ”Belinya biasanya Rp5 ribu itu biasanya agak banyak. Namun sekarang Rp10 ribu hanya dapat 1 ons saja,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: