Sampah di Depo Lapangan Karang Tak Lagi Meluber, Dibersihkan dan Disemprot Disinfektan

Sampah di Depo Lapangan Karang Tak Lagi Meluber, Dibersihkan dan Disemprot Disinfektan

Pekan lalu sampah di Depo Lapangan Karang, Kotagede, Jogja menumpuk dan meluber. Kini, Depo Lapangan Karang bersih dan tak ada lagi sampah yang meluber. -DOK.-

 

KOTAGEDE, DISWAYJOGJA – Pekan lalu sampah di Depo Lapangan Karang, Kotagede, Jogja menumpuk dan meluber. Kini, Depo Lapangan Karang bersih dan tak ada lagi sampah yang meluber.  Tak hanya itu, depo disemprot disinfektan.

BACA JUGA:Timbulkan Bau Tak Sedap, Sampah di Sleman Menumpuk Sepekan

Kabid Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja Ahmad Haryoko menuturkan, upaya membersihkan sekaligus disemprot disinfektan depo itu dilakukan agar tak menimbulkan penyakit.

”Lokasi depo itu menimbun sampah sekitar 3 mingguan. Sampah itu ditimbun di dalam. Kami harus membersihkan nol persen di sana. Kemudian kami semprot disinfektan,” kata Haryoko saat ditemui di Kelurahan Bumijo, Senin (23/10/2023).

BACA JUGA:Pedagang Kuliner Keluhkan Sampah Menumpuk di Depo Lapangan Karang Kotagede Jogja

Haryoko menjelaskan, saat proses penyemprotan disinfektan itu, depo harus dalam kondisi kosong. Karena itu, sampah yang tertimbun di dalam harus dikeluarkan.

Sembari menunggu, sampah otomatis tertumpuk di luar. Tumpukan semakin banyak seiring dengan tambahan sampah yang dibuang oleh masyarakat. ”Kebetulan pada hari itu TPA Piyungan tutup. Jadi mau tidak mau sampah harus di luar dulu sambil menunggu keringnya,” imbuh Haryoko.

Sementara itu, Depo Lapangan Karang saat ini tampak kondusif. Tak terlihat ada sampah yang meluber ke jalan. Bagian dalam depo juga tak penuh. Baru sebagian yang terisi dengan sampah.

Mandor Depo Sampah Sektor Kotagede Samun menuturkan, sampah di Depo Lapangan Karang baru saja diangkut. ”Kemarin yang di luar dibersihkan 3 armada. Tadi pagi 2 armada, sisanya tak masukin ke depo,” ujar Samun.

Samun menuturkan, pengangkutan sampah di dalam Depo Lapangan Karang masih menunggu jadwal armada. Ini karena armada harus bergantian mengangkut sampah dari depo lainnya. ”Depo lapangan karang bisa menampung sampah hingga 4 hari lagi,” katanya. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: