Pedagang Kuliner Keluhkan Sampah Menumpuk di Depo Lapangan Karang Kotagede Jogja

Pedagang Kuliner Keluhkan Sampah Menumpuk di Depo Lapangan Karang Kotagede Jogja

Sampah yang menumpuk di Depo Lapangan Karang Kotagede, Jogja tak kunjung diangkut sejak beberapa waktu terakhir. -DOK.-

 

DISWAYJOGJA – Sampah yang menumpuk di Depo Lapangan Karang Kotagede, Jogja tak kunjung diangkut sejak beberapa waktu terakhir. Hal itu dikeluhkan pedagang kuliner di sekitar. Apalagi, kondisi tumpukan sampah itu sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap dan banyak lalat yang beterbangan.

Salah seorang pedaganag Asih mengeluhkan kondisi sampah yang menumpuk tepat di seberang lapaknya itu. Namun, dia menyadari lokasi itu memang tempat pembuangan sampah bahkan sebelum dia berjualan. Dengan demikian, Asih tak terlalu mempermasalahkan. Hanya saja, omzet penjualannya diakui menurun, meski tidak terlalu signifikan.

”Kalau di sini agak menurun, tapi alhamdulillah disyukuri saja karena setiap saya jualan meskipun agak menurun tapi tetap saja laku,” kata penjual gado-gado saat ditemui, rabu, 11 Okotober 2023.

Hal senada disampaikan pedagang lainnya, Purwanto. Dia mengaku sering menerima keluhan dari para pembelinya. Apalagi soal bau tidak sedap yang muncul dari timbunan sampah.

”Berdampak karena baunya, kadang orang beli jijik. Lihat sana (tumpukan sampah) tidak jadi beli karena bau,” ujarnya.

Pedagang es doger ini mengaku kondisi tumpukan sampah yang tak kunjung diangkut ini sedikit banyak berpengaruh pada penjualannya. Normalnya, pada pukul 14.00 WIB dagangan Purwanto telah ludes dibeli konsumen.

Namun, kini sampai menjelang magrib pun dagangan tak kunjung habis. Padahal, dia harus bergantian lapak dengan pedagang lainnya. ”Sekarang orang misalnya dari rumah, 'Yuk, makan di Lapangan Karang, wah ga mau karena banyak sampah'. Apalagi, kalau sampai ada lalat. Kita yang di sini aja jijik apalagi orang lain,” ungkapnya. (*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: