7 Rahasia Merawat AC Agar Tetap Awet Dan Sejuk

7 Rahasia Merawat AC Agar Tetap Awet Dan Sejuk

lakukan cara ini untuk merawat AC Anda, agar tetap sejuk dan awet--

Ada bagian merawat AC yang bisa Anda lakukan sendiri. Namun, ada baiknya juga menyerahkan hal ini kepada ahli AC. Misalnya membersihkan segala sesuatu yang ada di unit AC, baik indoor maupun outdoor, serta memeriksa tekanan freon. 

Yang terbaik adalah melakukan pekerjaan ini setiap tiga bulan. Perawatan rutin dapat membantu AC Anda bertahan bertahun-tahun dan kualitas udara selalu segar.

5. Gunakan pengatur waktu pada AC

Cara merawat AC agar awet yang selanjutnya adalah dengan menggunakan timer aktif. Gunakan fungsi pengatur waktu saat Anda menghidupkan daya AC agar elektronik otomatis mati tepat waktu.

6. Matikan daya AC bila tidak digunakan 

Sebaiknya jangan menyalakan perangkat elektronik yang sedang tidak digunakan. Ini juga dapat menyebabkan kerusakan listrik jika terus dijalankan. Selalu mematikan AC saat rumah tidak dihuni dalam waktu lama adalah hal terbaik yang harus dilakukan. 

BACA JUGA:7 Alasan Mengapa AC Mengeluarkan Bau Tidak Sedap, Simak Dulu Penjelasanya Disini!

Selain hemat listrik, hal tersebut juga termasuk merawat AC agar tidak rusak. Dengan mematikan AC, Anda mengistirahatkan mesin pendingin agar tidak cepat panas. 

7. Pastikan kondensor udara dalam kondisi baik 

Kipas kondensor berfungsi untuk menjaga AC tetap berjalan karena dapat mendinginkan ruangan. Jika kondensor udara tidak berfungsi dengan baik, AC tidak bisa lagi mendinginkan ruangan. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu memanggil tenaga profesional untuk memeriksa kipas kondensor. Agar masalah tersbut segera diselesaikan.

Berikut adalah tips merawat AC dengan benar. Ikuti langka-langkah diatas agar AC Anda tetap bekerja secara maksimal dan awet. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: