7 Alasan Mengapa AC Mengeluarkan Bau Tidak Sedap, Simak Dulu Penjelasanya Disini!

7 Alasan Mengapa AC Mengeluarkan Bau Tidak Sedap, Simak Dulu Penjelasanya Disini!

penyebab dan beberapa masalah AC mengeluarkan bau tidak sedap--

DISWAY JOGJA - Ketika AC mengeluarkan bau tidak sedap, ini bisa jadi masalah yang membingungkan. Karna pada dasarnya kita butuh pendingin ruangan yang nyaman.

Air conditioner (AC) merupakan alat elektronik yang dapat mendinginkan ruangan yang banyak diminati oleh masyarakat. Apalagi ketika matahari mulai menggigit, pendingin ruangan ini menjadi penyelamat yang efektif.

Jika Anda sudah memilikinya, AC akan bekerja secara maksimal jika pemilik sering merawatnya. Meski begitu, setiap orang yang memiliki AC tetap akan mengalami beberapa permasalahan dikemudian hari, apalagi jika digunakan dalam jangka waktu cukup lama.

Salah satu masalah paling umum yang dialami adalah AC mengeluarkan bau tidak sedap. Hal ini membuat orang yang memilki AC merasa tidak nyaman walaupun tetap mendapatkan udara sejuk.

BACA JUGA:Penyebab AC Tidak Dingin, Akibat Freon Habis hingga Ukuran yang Salah

Namun, tidak menutup kemungkinan ada berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab AC mengeluarkan bau tidak sedap. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Penumpukan jamur

Penyebab utama AC mengeluarkan bau tidak sedap biasanya penumupukan jamur dan bakteri pada alat pendingin ruangan Anda. Masalah tersebut tidak hanya menyebabkan iritasi, tapi juga berbahaya pada kesehatan manusia. 

Seitap AC bekerja untuk mendinginkan ruangan dengan mengubah udara panas menjadi sejuk. Proses ini menyebabkan kondensasi danpembentukan cairan dalam unit AC. 

Idealnya. cairan harus keluar dari AC. Namun dalam beberapa kasus, terjadi kelembapan dan sisa air yang menyebabkan tumbuh jamur dan bakteri di saluran.

BACA JUGA:8 Tips Penggunaan AC yang Efektif pada Saat Cuaca Panas

2. Terlalu banyak debu

Jika AC mengeluarkan bau tidak sedap, kemungkinan filter dan evaporator AC terlalu kotor karena sudah lama tidak dibersihkan. Debu yang menumpuk di ruangan tersebut dapat menghalangi hembusan udara bersih dan tidak baik bagi kesehatan. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan AC rumah Anda secara rutin, terutama filter dan udaranya.

3. Bangkai hewan di dalam AC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: