Tetap Panas Meski sudah Pakai AC? Lakukan 8 Cara Efektif ini!

Tetap Panas Meski sudah Pakai AC? Lakukan 8 Cara Efektif ini!

Tips AC tahan lama --

DISWAY JOGJA - Saat cuaca panas, penggunaaan pendingin ruangan seperti air conditioner (AC) akan mengalami peningkatan. 

Suhu panas yang seperti ini, akan membuat penghuni rumah gerah sehingga memasang pendingin ruangan dengan suhu rendah. Keadaan seperti ini akan membuat AC bekerja sangat keras sehingga gampang rusak, terlebih bila digunakan secara terus menerus pada kondisi yang sama.

Nah, supaya tahan lama dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama, beberapa perawatan perlu dilakukan agar AC bisa bekerja secara efektif.

Lalu, bagaimana cara supaya AC tetap bekerja efektif dan tidak gampang rusak? Berikut 8 tipsnya, perhatian baik-baik ya!

BACA JUGA:5 Rekomendasi AC Portable Low Watt, Cepat Dingin, Harga Terjangkau

1. Naikkan Suhu Ruangan

Tahukah kamu? Mengatur suhu ruangan beberapa derajat lebih tinggi dari suhu yang diinginkan dapat membantu AC untuk tidak bekerja terlalu keras loh. Misalnya, jika ingin suhu ruangan 20 derajat Celcius, maka naikkan suhunya menjadi 23 derajat Celcius.

Pada Better Homes & Gardens, Rob Munin, seorang Manajer Umum Thermostat dan Sensor di Johnson Controls, mengatakan "Sebagai aturan umum, perbedaan yang lebih kecil antara suhu di dalam dan di luar ruangan akan memberikan cara yang paling hemat biaya untuk mendinginkan rumah."

2. Batasi Penggunaan Alat-alat yang Menghasilkan Panas

Seperti yang diketahui, berbagai peralatan rumah tangga seperti oven, pengering, hingga mesin cuci menghasilkan hawa panas saat dioperasikan. Hal tersebut dapat memicu AC untuk bekerja lebih keras. 

Maka dari itu, atur dan rencanakan jadwal untuk menggunakan alat-alat tersebut pada pagi atau sore hari saat cuaca sekitar tidak terlalu panas.

Sebaliknya, menggunakan mesin pengering pada siang hari saat cuaca panas, akan membuat AC bekerja lebih keras sehingga memungkinkannya capat rusak.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kulkas Mini Murah Hemat Listrik, Idaman Anak Kos Banget!

3. Pasang Termostat Pintar

Agar AC bekerja lebih efisien, pertimbangkan untuk memasang termostat pintar. Perangkat yang dapat diprogram ini dapat terhubung langsung ke jaringan Wi-Fi rumah sehingga kamu dapat mengontrolnya melalui aplikasi atau perangkat asisten suara, seperti Google Home dan Alexa. Canggih bukan?

Sebagai informasi, termostat sendiri merupakan alat untuk mengatur suhu secara otomatis saat terjadi perubahan suhu.

Termostat pintar memungkinkan pengguna mengatur dan menjadwalkan perubahan suhu berdasarkan waktu dan menyesuaikan termostat bahkan saat kamu jauh dari rumah sekalipun. 

Menariknya, beberapa perangkat juga telah dilengkapi teknologi geofencing, yang dapat mendeteksi saat pengguna tidak di rumah dan menentukan termostat yang sesuai secara otomatis.

4. Letakkan Termostat di Tempat yang Tepat

Selanjutnya, sebelum melakukan pemasangan termostat, baiknya kamu menentukan tempat yang tepat. Sebab, penempatan termostat sangat berpengaruh signifikan pada fungsi AC sepanjang hari. 

Misalnya, pemasangan termostat pada dinding yang menerima banyak panas akibat dekat dengan jendela otomotis akan terpicu menyala lebih sering. Sebaliknya, menempatkan termostat di tempat yang lebih dingin, justru akan membuat AC Anda tidak beroperasi lebih secara optimal.

BACA JUGA:Mending Mesin Cuci Top Load atau Front Load? Ini Spesifikasi dan Perbedaannya!

5. Sesuaikan Suhu saat Malam Hari

Siapa disini yang sering menyalakan AC ketika hendak tidur karena merasa gerah? Nah, untuk memastikan AC tidak bekerja sepanjang malam, kamu sebaiknya memprogram termostat untuk menyesuaikan kembali suhu ruangan setelah semua anggota keluarga tidur.

Dengan cara ini pendingin ruangan terjamin awet, Karen tidak dipaksa bekerja semalaman. Rob Munin juga menyarankan "Untuk suhu malam hari, dinginkan dulu kamarmu sebelum tidur, selanjutnya program termostat pada 2-4 derajat lebih tinggi setelah pengguna tertidur."

6. Pasang Penghalang Cahaya

Apakah kamu tahu? Memasang penghalang cahaya, seperti tirai, bisa meminimalisir panas masuk ke dalam rumah loh. Agar lebih maksimal, kamu juga bisa memasang kaca film untuk memgurangi paparan sinar matahari dan melindungi dari sinar UV yang masuk.

Tak hanya itu, menanam pohon di sekitar rumah juga sangat membantu menyejukkan tempat tinggalmu dan mengurangi beban AC di dalam rumah.

BACA JUGA:4 Kompor Gas 2 Tungku Terbaik, Murah dan Berkualitas, Bikin Masak Makin Semangat!

7. Pastikan Jendela Rumah Tertutup Rapat

Salah satu cara agar pendingin ruangan bekerja lebih efektif ialah merapatkan jendela rumah dapat mencegah hawa panas masuk ke dalam ruangan. 

Cara ini juga dapat mencegah udara sejuk hasil AC keluar dari ruangan atau rumah. Segera praktekkan ya teman-teman!

8. Pastikan AC dalam Keadaan Baik

Pendingin ruangan merupakan ciptaan manusia yang tentunya memerlukan perawatan teratur agar dapat berfungsi dengan baik. Salah satu perawatan terbaik yang bisa kamu lakukan ialah mengganti filter AC secara rutin. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam dan luarnya secara teratur.

Umumnya filter udara harus diganti setiap dua hingga tiga bulan. Bahkan dapat lebih sering jika AC digunakan secara konsisten, di lingkungan berdebu, atau jika memiliki hewan peliharaan di rumah.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kipas Angin cuma 100 Ribuan, Anti Gerah dan Super Awet!

Demikian 8 cara mudah agar AC dapat bekerja secara efektif. Perhatikan setiap caranya dan jangan lupa untuk mempraktekkan, semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: