Mending Mesin Cuci Top Load atau Front Load? Ini Spesifikasi dan Perbedaannya!

Mending Mesin Cuci Top Load atau Front Load? Ini Spesifikasi dan Perbedaannya!

Perbedaan Mesin Cuci Top Load dan Front Load -Disway-Foto Pribadi

DISWAYJOGJA.ID - Ketika ingin membeli mesin cuci, tentu kamu akan dihadapkan pada pilihan top load atau front load. Ini menjadi pertimbangan yang cukup membingungkan mengingat keduanya tentu memiliki keunggulan masing-masing. Namun, tahukah kamu apa itu mesin cuci top load dan front load? Simak definisi dan perbedaan lengkapnya dibawah ini, selamat membaca!

Apa itu Mesin Cuci Top Load dan Front Load?

Hai teman disway, mesin cuci top load merupakan mesin cuci bukaan atas yang dibagi lagi menjadi dua tabung maupun satu tabung. Sedangkan mesin cuci front load merupakan mesin cuci dengan bukaan depan. Mesin cuci hadir dengan pintu yang berada di bagian depan, dimana dapat dibuka ke arah samping, layaknya pintu di rumah.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kulkas Mini Murah Hemat Listrik, Idaman Anak Kos Banget!

Perbedaan Mesin Cuci Top Load dan Front Load 

Jika mengandalkan definisi sepertinya kita masib cukup bingung untuk memilih mana diantara keduanya yang paling terbaik. Karena itu, cobalah untuk mempertimbangkan perbedaan berikut untuk memilih mesin cuci yang tepat.

Letak Pintu Mesin Cuci

Yang pertama, mesin cuci top load lebih mudah memuat pakaian karena hadir dengan bukaan setinggi pinggang orang dewasa dibagian atas. Karenanya, pengguna bisa memasukkan pakaian kotor dengan cara berdiri.

Sebaliknya, karena pintu mesin cuci berada di bagian depan, pengguna harus duduk atau membungkukkan badann terlebih dahulu untuk memasukkan pakaian ke dalam mesin front load. Mesin cuci dengan bukaan depan akan sangat cocok dan mudah digunakan bagi mereka yang menggunakan kursi roda atau siapapun yang berkebutuhan.

Sayangnya, mayoritas mesin cuci bukaan depan akan terkunci saat digunakan untuk mencegah air meluap. Sehingga pengguna tidak bisa menambahkan pakaian yang tertinggal saat proses mencuci berlangsung. Namun, jangan khawatir, beberapa produsen kini mulai menambahkan pintu kecil yang memungkinkan pengguna menambahkan cucian bahkan saat proses pencucian.

BACA JUGA:Wow, Ini 4 Rekomendasi AC Portabel Terbaik cuma 100 ribuan, Cocok untuk Budget Terbatas!

Ukuran Mesin Cuci

Untuk mesin cuci dengan volume yang sama, mesin cuci top load umumnya cenderung lebih tinggi antara 5 hingga 6 inci ketimbang mesin cuci front load. Sementara lebar keduanya mayoritas memiliki ukuran serupa.

Nah, sedangkan mesin cuci front load biasanya 4 inci lebih menjorok ke dalam (dari depan ke belakang) ketimbang jenis bukaan atas. Meski begitu, keduanya di desain Sekokoh mungkin untuk kebutuhan mencuci pengguna dirumah.

Perbaikan dan Perawatan Mesin Cuci

Dari segi perawatannya, mesin cuci bukaan atas atau top load cenderung lebih mudah dibersihkan. Pengguna bahkan dapat melakukan perbaikan dasar langsung pada mesin cuci top load mereka tanpa perlu mengundang teknisi. Hal ini tentunya menjadikan mesin cuci muatan atas lebih mudah dan lebih murah untuk dirawat dan diperbaiki ketimbang mesin cuci front load.

Berbanding jauh dengan top load, mesin cuci front load cenderung lebih rumit baik dari segi perawatan maupun perbaikan. Pengguna disarankan untuk mengundang teknisi terlatih jika terjadi kerusakan didalamnya.

BACA JUGA:Mau Beli TV Canggih dengan Harga Murah? Tenang, 5 Pilihan ini dijual cuma 1 Jutaan aja!

Tampilan Mesin Cuci

Perlu diketahui, mesin cuci top load memiliki tampilan yang lebih halus dan lebih ramping dari pada jenis front load. Ini karena pintu bukannya terletak dibagian atas sehingga tidak mempengaruhi tampilan bagian depan.

Berbeda dengan jenis top load, pada mesin cuci front load, bagian pintunya memiliki sisipan kaca tebal yang memungkinkan pengguna melihat pakaian bergolak diantara busa dan air. Ini memungkinkan pengguna mengetahui dan melihat secara langsung siklus pencucian pada mesin cuci.

Harga dan jangka waktu mesin cuci

Nah, untuk keawetan atau jangka waktu mesin cuci top load umumnya bisa mencapai 14 tahun, 11 tahun untuk mesin cuci front load. Karena memiliki banyak fitur tambahan, mesin cuci muatan depan umumnya memakan biaya perbaikan yang lebih tinggi ketimbang jenis front load.

Jika melihat dipasaran, mesin cuci top load cenderung lebih terjangkau dari pada mesin cuci front load. Hal ini tidak lepas karena mesin cuci top load memiliki beragam varian, baik satu ataupun dua tabung.

Berbeda dengan mesin cuci front load yang harganya jauh lebih tinggi dibanding mesin cuci top load. Ini karena mesin cuci bukaan atas telah didukung beragam fitur canggih yang memberi banyak kemudahan saat proses mencuci.

BACA JUGA:Idaman Banget! Ini 7 Mesin Cuci Termurah dan Terbaik 2023

Jangka waktu atau keawetan mesin cuci top load bisa sampai 14 tahun. Sementara jangka waktu atau keawetan mesin cuci front load dengan efisiensi tinggi adalah 11 tahun.

Karena banyaknya siklus pencucian opsional dan fitur tambahan, mesin cuci muatan depan biasanya memiliki biaya perbaikan yang lebih tinggi.

 

Itulah tadi perbedaan mesin cuci jenis top load dan juga front load, sudah tidak bingung lagi bukan? Ya, dengan mengetahui perbedaan keduanya, pengguna akan sangat terbantu untuk memilih jenis mesin cuci yang tepat sesuai kebutuhan mereka. Semoga bermanfaat!

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: