26 Desa di Kabupaten Tegal Dilanda Kekeringan, 888 Ribu Liter Air Bersih Digelontorkan dari PMI

26 Desa di Kabupaten Tegal Dilanda Kekeringan, 888 Ribu Liter Air Bersih Digelontorkan dari PMI

Petugas PMI Kabupaten Tegal menyalurkan air bersih untuk warga Desa Kertasari Kecamatan Suradadi, Selasa (10/10).-Yeri Noveli-jogja.disway.id

SLAWI, DISWAY JOGJA - Sebanyak 26 desa yang tersebar di 6 kecamatan di Kabupaten Tegal dilanda kekeringan. Imbasnya, warga mengalami krisis air bersih.

Mengingat hal itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal langsung menggelontorkan air bersih. Total air bersih yang disalurkan sebanyak 148 tangki atau 888 ribu liter.

"Air bersih ini kami salurkan secara bertahap," kata Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo melalui Kepala Markas PMI Sunarto, Selasa 10 Oktober 2023.

BACA JUGA:8 Rekomendasi AC Portable Terbaik untuk Rumah dan Kantor Serta Keunggulannya

BACA JUGA:7 Rekomendasi AC Portable 2023, No 3 dibawah 100 ribu Rupiah!

Dia merinci, 26 desa itu tersebar di Kecamatan Jatinegara terdapat 12 desa. Di Kecamatan Suradadi 5 desa. Di Kecamatan Warureja hanya 1 desa. Kemudian di Kecamatan Kedungbanteng 3 desa. Di Kecamatan Balapulang 3 desa dan Kecamatan Pangkah hanya 2 desa.

"Totalnya enam kecamatan," ucapnya.

BACA JUGA:4 Cara agar AC Portable Gak Boros Listrik, Simak baik-baik!

Dia menyatakan, jumlah itu terhitung pada Senin 9 Oktober 2023. Dipastikan, jumlah air bersih yang digelontorkan akan bertambah karena musim kemarau belum berakhir.

"Kemarin di wilayah atas (Bumijawa dan Bojong) memang sempat hujan. Semoga hujan akan merata ke wilayah bawah," harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.disway.id