Keren! Siswa SMKN 3 Belajar Online Shop dengan Gelar Market Day

Keren! Siswa SMKN 3 Belajar Online Shop dengan Gelar Market Day

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Tegal menggelar acara Projek Penguatan Profil Pembelajaran Pancasila (P5), yang dikemas dengan kegiatan Market Day.-maewan dani ristanto-jogja.disway.id

TEGAL, DISWAY JOGJA - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Kota Tegal, khususnya kelas X dan XI menggelar acara Projek Penguatan Profil Pembelajaran Pancasila (P5) yang dikemas dengan kegiatan Market Day. 

Market Day merupakan acara puncak dari kegiatan yang digelar. Sebelumnya mereka diberi pelatihan pembuatan kerajinan dari kertas atau limbah kertas dengan menggandeng aktifis Rutela.

BACA JUGA:Kelebihan Dan Kekurangan AC Portable, Ini Dia Yang Wajib Anda Ketahui!

Kegiatan dibagi untuk hari pertama adalah  kegiatan pembuatan limbah kertas yang  dilakukan oleh siswa kelas X selama dua hari, siswa membuat tempat tisu dan vas bunga dari kertas bekas.  Kegiatan lanjutan disambung dengan  workshop on line shop dengan menghadirkan narasumber dari dosen UPS  Tegal, Yustia Hapsari SKom.   

Siswa diajarkan cara berjualan dengan menggunakan online shop, dan membuat beberapa vidio konten untuk menawarkan produk yang dibuat kelas X dan beberapa produk lainnya. Sebagai puncak acara adalah  Market Day, kegiatan itu merupakan aktivitas berjualan di sekolah dimana para siswa akan diberi kesempatan untuk berkreasi dan mencoba berbisnis dengan menjual makanan maupun barang kepada teman-temannya.

BACA JUGA:7 Rekomendasi AC Portable 2023, No 3 dibawah 100 ribu Rupiah!

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 3 Kota Tegal Sri Indrawati melalui Ketua Koordinator P5 Isnawati menyampaikan bahwa kegiatan market day tersebut tentu akan memberikan dampak yang positif bagi siswa, seperti mendorong kreativitas siswa, mengajarkan siswa berbisnis, serta belajar memasarkan produknya dengan baik. 

BACA JUGA:Ini Dia! Spesifikasi AC Portable dari Sharp Terbaru 2023

"Dan diharapkan siswa mempunyai jiwa kewirausahaan, bahkan mampu menciptakan tenaga kerja dan dapat merekrut tenaga kerja," pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.disway.id