10 Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya, Yuk Simak Penjelasannya!

10 Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya, Yuk Simak Penjelasannya!

Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya--freepik.com

Koil kondensor yang tersumbat oleh debu atau kotoran juga dapat menyebabkan AC bocor. Cara mengatasi hal ini adalah dengan rutin melakukan servis AC setidaknya setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan semua debu dan kotoran yang ada di dalam unit.

5. Instalasi AC Miring

Ketidaksempurnaan instalasi AC juga dapat menjadi penyebab AC bocor, terutama jika saluran pembuangan tidak memiliki kemiringan yang tepat. Saluran pembuangan yang tidak sejajar dapat membuat air menetes dari unit AC tidak mengalir ke saluran pembuangan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu melakukan instalasi ulang saluran pembuangan air dengan memperbaiki kemiringannya.

BACA JUGA:4 Rekomendasi AC Portable Terbaik dengan Watt Rendah, Pastinya Hemat Listrik!

BACA JUGA:Kamu Lagi Nyari AC Porteble Yang Hemat,Awet dan Harga Terjangkau? Ini 3 Rekomendasi AC Dengan Harga terjangkau

6. Refrigerant atau Freon AC Bocor

Kurangnya tekanan freon di dalam AC atau bocornya freon dapat menyebabkan pipa evaporator membeku dan membentuk lapisan es. Es ini kemudian akan mencair dan menyebabkan tetesan air di dalam ruangan. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menambahkan freon ke unit AC Anda.

7. AC Bocor di Celah Tersembunyi

Dalam beberapa kasus, AC dapat terus meneteskan air meskipun talang belakangnya sudah diperbaiki dan pipanya sudah diganti. Hal ini disebabkan oleh air yang menetes dari kondensasi dan celah-celah tersembunyi. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menemukan sumber tetesan air tersebut dan memperbaikinya.

8. Selang AC Tersumbat

Selang yang tersumbat juga sering menjadi penyebab AC bocor. Selang biasanya tersumbat oleh kotoran dan lumut yang menghalangi aliran air. Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu memeriksa selang AC dan menggantinya jika terdapat kebocoran.

9. AC Bocor Karena Pompa Rusak

Penyebab lain AC bocor adalah masalah pada pompa kondensasi yang berada di bawah koil pendingin. Pompa ini bertugas mengalirkan air dengan baik. Jika pompa rusak, itu dapat menyebabkan kebocoran. Cara mengatasinya adalah dengan memperbaiki pompa atau membersihkannya secara rutin untuk mencegah kotoran dan debu menumpuk.

10. Perawatan AC yang Buruk

Penyebab terakhir AC bocor adalah perawatan yang kurang baik. Pastikan Anda memanggil teknisi servis AC secara rutin untuk membersihkan unit AC Anda. Selain itu, periksa juga kondisi koil evaporator untuk memastikan bahwa itu berfungsi dengan baik dan tidak berkarat. Dengan merawat AC secara rutin, Anda dapat menghindari kerusakan atau kebocoran pada perangkat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: