10 Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya, Yuk Simak Penjelasannya!

10 Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya, Yuk Simak Penjelasannya!

Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya--freepik.com

DISWAY JOGJA – Kesal dengan kejadian berulang kali ketika AC di rumahmu bocor? Jangan khawatir. Mari kita pelajari apa yang menjadi penyebab AC bocor dan bagaimana cara mengatasi masalah ini!

Bagi para pemilik rumah yang telah memasang sistem pendinginan udara (AC), pasti tidak asing dengan masalah air menetes dari AC. Masalah ini sering kali mengganggu kenyamanan kita, terutama jika airnya jatuh ke tempat tidur atau perabotan rumah tangga kita. Jadi, apa yang sebenarnya menyebabkan masalah ini dan bagaimana kita bisa mengatasinya? Simaklah penyebab AC bocor dan solusinya di bawah ini!

BACA JUGA:Amankah Menyalakan AC di Rumah Sepanjang Hari?

BACA JUGA:Ac Portable Mini untuk Kamar, Cuma 100 Ribuan!

Berikut adalah beragam penyebab AC bocor yang dapat kamu kenali, lengkap dengan cara mengatasinya:

1. Filter AC yang Kotor dan Tersumbat

Penyebab paling umum AC bocor di rumah adalah filter AC yang menjadi kotor akibat debu dan kotoran, yang kemudian menyumbat filter tersebut. Filter yang kotor dan tersumbat menghalangi aliran udara ke evaporator AC, mengakibatkan penurunan suhu dan pembekuan. Ini menyebabkan air menetes dalam unit AC. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk secara rutin mengganti atau membersihkan filter AC Anda.

2. Saluran Pembuangan Tersumbat

Masalah berikutnya yang bisa menyebabkan AC bocor adalah saluran pembuangan yang tersumbat oleh debu dan kotoran, menghambat aliran air dari AC dan menyebabkannya menetes keluar dari unit AC. Cara mengatasi AC bocor karena hal ini adalah dengan membersihkan saluran pembuangan talang belakang AC. Semprotkan air pada saluran pembuangan air AC hingga semua kotoran dapat keluar.

BACA JUGA:10 Rekomendasi AC Terbaik 2023 yang Dingin, Sehat, dan Hemat, Manakah yang Paling Terbaik?

BACA JUGA:10 Rekomendasi Merk AC Murah dan Hemat Listrik, Harga Mulai Rp2 Jutaan saja Loh!

3. Kompresor AC Rusak

Kompresor yang rusak adalah penyebab lain AC bocor dan tidak dingin. Kompresor yang rusak mengakibatkan AC tidak dapat mendinginkan udara dengan baik dan air tidak bisa mengalir dengan lancar, yang menyebabkan air menetes dari dalam unit AC.

4. Koil Kondensor AC Tersumbat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: