Tak Perlu Khawatir dan Gelisah, Inilah Cara Mengatasi Teror DC Pinjol yang Ilegal

Tak Perlu Khawatir dan Gelisah, Inilah Cara Mengatasi Teror DC Pinjol yang Ilegal

Cara mengatasi teror dc pinjol ilegal--Myart

DISWAYJOGJA.ID - Dalam dunia pinjaman online (pinjol), seringkali nasabah harus menghadapi situasi di mana mereka telat membayar atau bahkan tidak bisa membayar pinjol mereka. Ketika hal ini terjadi, biasanya muncul seorang debt collector (DC) yang datang ke rumah atau melakukan teror kepada nasabah. 

Dan terkadang juga DC menyebarluaskan ancaman kepada kontak-kontak yang terhubung dengan anda, dengan ancaman yang sama karena kontak-kontak milik anda pun telah diretas oleh aplikasi tersebut.

Meskipun situasinya mungkin membuat Anda khawatir, ada beberapa cara untuk menghadapi teror DC pinjol tanpa perlu panik.

BACA JUGA:5 Kelebihan Pinjaman Online JULO, Walaupun Memiliki DC Lapangan

1. Tidak Perlu Melihat Pesan DC

Ketika Anda menerima pesan teror dari DC, pertama-tama, cobalah untuk tidak terburu-buru membacanya. Jika Anda merasa perlu membalas pesan mereka, tetaplah tenang dan jangan panik. Ingatlah bahwa Anda tidak perlu langsung menganggap pesan tersebut sebagai ancaman atau teror. Cobalah untuk mempertahankan ketenangan Anda.

2. Harus Lebih Pintar dan Cerdas

Anda perlu lebih pintar dan cerdas dibandingkan dengan DC pinjol tersebut. Cobalah untuk memahami pesan yang mereka kirimkan dengan seksama. Terkadang, pesan tersebut berisi ancaman seperti, "Jika tidak melakukan pembayaran dalam 1 jam, maka akan kami sebarluaskan."

BACA JUGA:Debt Collector Kredit Pintar Datang ke Rumah? Tenang Begini Cara Menghadapi DC Pinjol

Namun, seiring berjalannya waktu, mereka mungkin akan mengulangi ancaman serupa dengan batas waktu yang sama. Anda perlu menyadari bahwa kata "1 jam" hanya digunakan untuk menakut-nakuti. Ancaman tersebut biasanya hanya dilakukan secara online. DC pinjol ilegal tidak memiliki kuasa untuk mendatangi langsung ke rumah Anda.

3. Jangan Membayar Jika Terdapat Ancaman yang Masuk

Jika DC melakukan penagihan dengan cara yang kurang pantas dan mengancam, Anda tidak perlu langsung membayar. Ingatlah bahwa Anda tidak harus takut jika menerima pesan dari DC. Jika mereka menggunakan taktik yang mengintimidasi, pertimbangkan untuk tidak membayar sampai situasinya menjadi lebih jelas.

4. Jangan Buat Ribet

Ketika Anda menerima pesan ancaman, jangan biarkan itu membuat pikiran Anda kacau. Jangan takut karena ini mungkin merupakan upaya untuk memanipulasi pikiran Anda. Cobalah untuk tetap tenang dan cuek. Jika perlu, Anda bahkan dapat melaporkan pesan tersebut dan menghapusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: