Kabar Gembira Khusus Petani, Cara Dapatkan KUR Rp 10 Juta - Rp 500 di BRI

Kabar Gembira Khusus Petani, Cara Dapatkan KUR Rp 10 Juta - Rp 500 di BRI

kur pertanian--

DISWAY JOGJA - Petani Indonesia menghadapi berbagai macam permasalahan. Salah satunya adalah perubahan iklim yang mengancam tanaman pangan. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dan lembaga perbankan telah memberikan fasilitas keuangan dalam bentuk Kredit Agribisnis Rakyat (KUR).

Sebelum melanjutkan ke panduan langkah demi langkah, ada baiknya Anda memahami apa itu pembiayaan.

Apa itu KUR Pertanian? 

KUR Pertanian merupakan fasilitas kredit modal yang diberikan oleh pemerintah dengan dukungan perbankan.

KUR ini bertujuan untuk membantu petani dan pelaku industri pertanian memenuhi berbagai kebutuhan, antara lain pembelian pompa air, alat pertanian, pupuk organik dan modal usaha lainnya untuk mendukung perbaikan pertanian.

BACA JUGA:Pinjam hingga 80 Juta Mudah dan Cepat Cair? AdaKami Solusinya

Skema Penyaluran KUR Pertanian

KUR Pertanian memiliki tiga jenis program penyaluran, yaitu:

 1. KUR Super Mikro 

Batas kredit maksimal Rp 10 juta. Persyaratan umum antara lain belum pernah menerima KUR  dan belum pernah menerima kredit/pembiayaan investasi/modal kerja usaha kecuali untuk keperluan rumah tangga atau sejenisnya. Kriteria khusus:

Tidak ada batasan waktu minimal untuk memulai bisnis. Jika waktu operasional Anda kurang dari 6 bulan, Anda harus memenuhi salah satu syarat khusus seperti mengikuti mentoring, pelatihan startup, bergabung dengan kelompok bisnis atau memiliki anggota keluarga yang menjalankan bisnis secara efektif.

Dokumen yang diperlukan:

NIB (Nomor Induk Berusaha) atau surat keterangan usaha kecamatan, RT/RW yang mencantumkan jenis usaha dan jam operasional.

2. KUR Mikro BRI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: