Ini Daftar Aplikasi Pinjol yang Punya Debt Collector Lapangan 2023, Bayar Saja Atau DC Datang ke Rumah?

Ini Daftar Aplikasi Pinjol yang Punya Debt Collector Lapangan 2023, Bayar Saja Atau DC Datang ke Rumah?

Ini Daftar Pinjol yang Punya Debt Collector Lapangan 2023, Bayar Saja Atau DC Datang ke Rumah?-Ilustrasi -

Hingga saat ini, belum ada peraturan atau dasar hukum yang secara khusus mengatur mengenai debt collector.

Menurut informasi yang disampaikan oleh situs Kementerian Keuangan Republik Indonesia, kegiatan penagihan utang oleh debt collector diatur oleh Surat Edaran Bank Indonesia (SE BI) Nomor 14/17/DASP Tahun 2012 tentang Penagihan Utang Kartu Kredit.

Menurut SE tersebut, ketentuan penagihan utang adalah sebagai berikut:

Debt collector hanya boleh menagih utang macet berdasarkan kriteria kolektibilitas sesuai ketentuan Bank Indonesia yang mengatur mengenai kualitas kredit. Kategori utang macet adalah ketika keterlambatan cicilan sudah lebih dari 6 bulan.

 Kualitas penagihan harus sesuai standar bank. Harus dipastikan kualitas penagihan yang dilakukan oleh debt collector mengikuti standar kualitas yang berlaku di bank.

Debt collector harus sudah memiliki pelatihan memadai.

Identitas debt collector harus jelas dan diadministrasikan oleh bank

BACA JUGA:Pinjaman Cepat Tanpa KTP Bunga Ringan dan Cepat Cair? Ini 5 Aplikasi Pinjol Legal, Nggak Ribet!

BACA JUGA:DC Meresahkan? Lakukan Hal Ini, 7 Cara Menghindari Panic Damage Pinjol

Alasan DC Kredit Pintar ke Rumah

Dept collector lapangan akan datang ke rumah peminjam memang prosedur yang sudah disepakati diawal yang mungkin peminjam tidak menyadarinya.

Tapi kedatangan dc ke rumah merupakan langkah dari tahapan lanjutan. Biasanya dc tak akan langsung datang ke alamat rumah atau lokasi usaha, sebab mereka akan menghubungi terlebih dahulu untuk mengingatkan bahwa pembayaran harus segera dilunasi.

Alasan debt collector lapangan datang ke rumah karena debitur telat melunasi pinjaman online. Jika kamu tak mengabaikan kewajibanmu mereka pun tak akan terlihat.

Meski begitu kamu pun tak perlu panik menghadapi dept colector di lapangan atau di rumah.  Bahkan jika kamu yakin tak mempunyai tunggakan tagihan atau sudah melunasi semua hutang tetapi debt collector berkunjung ke rumah, maka laporkan saja kepada OJK supaya segera diproses. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: