Jarang yang Tahu Rahasia Ini, 9 Manfaat Luar Biasa Kencur untuk Kesehatan

Jarang yang Tahu Rahasia Ini, 9 Manfaat Luar Biasa Kencur untuk Kesehatan

Kencur -Disway-Pinterest EtsyCA

DISWAYJOGJA.ID - Kencur termasuk salah satu jenis tanaman herbal yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional di beberapa negara Asia, khususnya Indonesia. Kencur juga kerap digunakan sebagai bumbu dasar berbagai olahan makanan maupun minuman.

Selain memberikan aroma dan rasa yang khas, kencur ternyata memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang baik untuk meningkatkan kualitas hidup. 

BACA JUGA:Mau Kulit Wajah Anda Mulus? Berikut Adalah Manfaat Beras Kencur Untuk Kulit

Berikut 9 manfaat luar biasa kencur untuk kesehatan, simak sampai selesai!

1. Meredakan gangguan pencernaan

Tahukah kamu? Kencur memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antiseptik yang dapat membantu meredakan berbagai gangguan pencernaan seperti mual, muntah, hingga diare. Senyawa aktif dalam kencur, seperti gingerol dan zingiberene, dapat merangsang produksi enzim pencernaan dan mengurangi peradangan dalam sistem pencernaan.

2. Meredakan nyeri

Efek analgesik atau peredaman nyeri yang dimiliki oleh kencur dapat membantu mengurangi rasa sakit pada otot dan sendi yang terkait dengan kondisi seperti arthritis, rematik, atau cedera olahraga. Senyawa seperti kaempferol dan quercetin dalam kencur memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan nyeri.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain meredakan gangguan pencernaan, kandungan antioksidan dalam kencur juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh loh. 

Antioksidan ini akan membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko penyakit pada tubuh. Ini tidak lepas dari peranan senyawa lain seperti flavonoid, gingerol, dan zingeron yang turut memperkuat sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:7 Olahan Minuman Rempah yang Wajib Kamu Coba, Sehat dan Bikin Ketagihan!

4. Menyembuhkan luka

Kencur mengandung antiseptik yang dapat membantu melindungi luka dari infeksi bakteri. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa kencur dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan mengurangi risiko infeksi.

Untuk mendapat manfaat ini, kamu cukup menghancurkan kencur segar dan menempelkannya pada luka. Mudah bukan?

5. Menyehatkan saluran pernapasan

Manfaat kencur selanjutnya adalah dapat membantu meredakan gangguan pernapasan seperti batuk dan pilek. Senyawa antibakteri dan antivirus didalamnya dapat membantu membersihkan saluran pernapasan dan mengurangi produksi lendir. Kamu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk teh atau menghirup uap air panas yang mengandung ekstrak kencur.

BACA JUGA:9 Khasiat Buah Bidara untuk Kesehatan, Si Penghuni Surga yang Kaya Manfaat!

6. Menurunkan kolesterol

Kencur mengandung senyawa aktif yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kencur juga diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh loh. Dengan mengonsumsi kencur secara teratur, kesehatan jantungmu akan terbantu dan terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular.

7. Menurunkan risiko diabetes

Emang bisa mencegah diabetes dengan kencur? Jawabannya adalah bisa, ini karena kencur mengandung senyawa yang dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kencur juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang membantu tubuh untuk menggunakan gula darah secara lebih efisien.

8. Mengatasi masalah menstruasi

Bagi perempuan, kencur ternyata dapat membantu mengurangi gejala menstruasi yang tidak nyaman seperti nyeri perut, kram, dan gangguan hormonal.

Ini karena kencur memiliki efek menenangkan pada otot-otot rahim serta dapat membantu melancarkan aliran menstruasi.

BACA JUGA:8 Khasiat Brotowali untuk Kesehatan Tubuh, Si Pahit yang Kaya Manfaat!

9. Meningkatkan kualitas tidur

Bila kamu memiliki masalah tidur, kencur dapat menjadi alternatif alami yang membantu. Ya, kencur memiliki sifat yang menenangkan serta dapat membantu meredakan stres dan kegelisahan. Kamu bisa mengonsumsi kencur dalam bentuk teh sebelum tidur untuk mendapatkan manfaat ini.

Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: