Mengenal Deposito : Pengertian, Kegunaan, dan Persyaratannya

Mengenal Deposito : Pengertian, Kegunaan, dan Persyaratannya

Deposito -Disway-Pinterest Vectezzy

DISWAYJOGJA.ID - Dalam dunia perbankan, kita akan sering mendengar banyak kosa kata asing seperti ATM, transfer, mutasi, deposito dan masih banyak yang lain. Kali ini diswayjogja akan sedikit memaparkan mengenai deposito dan hal-hal yang berkaitan.

Deposito sendiri dapat diartikan sebagai simpanan atau penempatan dana pada bank dengan jangka waktu tertentu dan suku bunga yang tetap. Nah, jika kamu belum terlalu paham apa itu deposito, simak bacaan ini baik-baik ya!

BACA JUGA:7 Bank Penyedia Deposito Terbaik 2023, Bunga 5% Per Tahun

Pengertian Deposito

Deposito merupakan salah satu jenis tabungan dalam lembaga keuangan, seperti bank atau koperasi dengan tujuan untuk mengamankan dan menambah nilai dana yang dimiliki.

Dana yang didepositokan tersebut akan diinvestasikan oleh bank dalam bentuk sertifikat deposito dengan jangka waktu tertentu, umumnya berkisar antara satu bulan hingga beberapa tahun. Setelah jangka waktu deposito berakhir, nasabah dapat mengambil kembali dana awal beserta bunga yang dijanjikan.

Kegunaan Deposito

Deposito memiliki beberapa kegunaan bagi masyarakat, di antaranya;

1. Keamanan Dana

Deposito merupakan salah satu alternatif investasi yang tergolong aman. Ini karena dana yang didepositokan memiliki standar keamanan tinggi karena dijamin langsung oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga batas tertentu. Dengan begitu nasabah tidak perlu khawatir dan cemas akan keamanan dana yang ia depositokan.

BACA JUGA:Tak Perlu Mengantre, Ini 2 Cara Mudah Membuka Rekening Mandiri Secara Online!

2. Stabilitas Pendapatan

Biasanya deposito menawarkan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Suku bunga deposito yang tetap dan terjamin ini memberikan stabilitas pendapatan bagi nasabah.

Nasabah dapat mengatur dan merencanakan keuangan dengan lebih baik karena mengetahui secara pasti berapa pendapatan yang akan diperoleh dari deposito. Tertarik ngga nih?

3. Investasi Jangka Pendek

Deposito cocok sebagai investasi jangka pendek karena memiliki rentang waktu yang tergolong singkat, yakni mulai dari satu bulan hingga beberapa tahun. Ini menjadikan deposito sebagai pilihan tepat bagi orang yang ingin berinvestasi dalam jangka pendek dan membutuhkan likuiditas dana yang tinggi.

Persyaratan Deposito

Nah, untuk membuka deposito, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan, antara lain:

1. Identitas

Nasabah harus memiliki identitas diri seperti KTP atau identitas resmi lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di bank tersebut. Identitas diri ini diperlukan untuk membuktikan bahwa nasabah merupakan pihak yang sah untuk membuka deposito, serta untuk jaminan selama berlangsungnya deposito.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online OJK dengan Bunga Rendah, Cepat dan Mudah!

2. Jumlah Setoran Awal

Setiap bank memiliki ketentuannya masing-masing mengenai jumlah setoran awal yang harus dipenuhi untuk membuka deposito. Jumlah setoran awal ini akan berbeda-beda antara setiap bank. Semakin besar setoran awal yang didepsitokam, umumnya akan semakin tinggi pula suku bunga yang ditawarkan.

3. Jangka Waktu

Persyaratan selanjutnya adalah nasabah perlu menentukan jangka waktu deposito yang diinginkan. Jangka waktu deposito ini akan memberikan pengaruh terhadap suku bunga yang nantinya didapatkan. Semakin lama jangka waktu deposito yang diambil, suku bunga yang ditawarkan juga semakin tinggi.

4. Tarif Bunga

Selain jangka waktu, nasabah juga perlu memperhatikan besaran tarif bunga deposito yang ditawarkan oleh bank. Tarif bunga tersebut dapat berbeda-beda setiap bank dan bergantung juga pada jangka waktu penempatan dana.

BACA JUGA:Kabar Baik: Akses KUR bagi Usaha Kecil dan Menengah Semakin Mudah!

5. Sistem Pembayaran Bunga

Selanjutnya, nasabah juga perlu menentukan sistem pembayaran bunga yang diinginkan. Ada dua sistem pembayaran bunga deposito, yaitu bunga yang dibayarkan secara periodik (terjadwal) atau bunga yang dibayarkan pada akhir jangka waktu deposito. Pilih yang mana kira-kira?

6. Pembatalan Deposito

Nasabah perlu memperhatikan ketentuan tentang pembatalan deposito sebelum jangka waktu berakhir. Beberapa bank umumnya menyediakan fasilitas pembatalan deposito sebelum jangka waktu berakhir dengan konsekuensi mendapatkan penalti atau potongan bunga.

 

Demikian pengertian, kegunaan, dan persyaratan mengenai deposito. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: