Begini Cara Buka Deposito BRI, Keuntungannya Bikin Geleng-geleng Kepala!

Begini Cara Buka Deposito BRI, Keuntungannya Bikin Geleng-geleng Kepala!

Cara buka deposito di BRI -Disway-Foto Pribadi

DISWAYJOGJA.ID - Seperti yang diketahui, deposito merupakan salah satu jenis tabungan dalam lembaga keuangan seperti bank, dengan tujuan untuk mengamankan dan menambah nilai dana yang dimiliki.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak bank yang membuka layanan deposito, baik itu yang berstatus BUMN maupun milik swasta. Mulai dari BRI, BNI, BCA, Mandiri dan masih banyak yang lain.

Untuk kamu yang berencana membuka deposito di BRI, baiknya perhati beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah langkah-langkah dan informasi terkait deposito BRI untuk bahan pertimbanganmu nanti, selamat membaca!

BACA JUGA:Mengenal Deposito : Pengertian, Kegunaan, dan Persyaratannya

Deposito BRI

Untuk membuka deposito BRI kamu dapat mengunjungi cabang BRI terdekat atau melalui aplikasi BRI-mo. Pastikan untuk menyiapkan beberapa berkas yang sudah ditentukan untuk kepentingan saat pengajuan nanti.

BACA JUGA:10 Bank dengan Bunga Deposito Tertinggi 2023, Nomer 5 Sih Paling Populer

Persyaratan Deposito BRI

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuka deposito antara lain;

1. Harus memiliki rekening tabungan BRI yang aktif untuk membuka deposito.

2. Berusia minimal 18 tahun.

3. Warga negara Indonesia atau warga negara asing dengan izin tinggal tetap di Indonesia.

4. Mengisi formulir yang disediakan oleh BRI.

5. Menunjukkan dan menyertakan fotokopi KTP atau paspor yang masih berlaku.

BACA JUGA:Butuh Pinjaman Cepat? Berikut 10 Rekomendasi Aplikasi Pinjol dengan Izin OJK! Mudah dan Terpercaya

Jumlah Setoran Awal

Nah, untuk jumlah setoran awal deposito BRI bervariasi tergantung pada jenis yang dipilih, kisarannya mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp10.000.000. Perlu diingat, setoran awal ini akan berpengaruh pada besarnya suku bunga yang diterima nanti ya.

Jenis Deposito & Suku Bunga

Sebelum membuka deposito, pastikan untuk mengetahui dan memahami jenis-jenis deposito yang nantinya kamu ambil. BRI sendiri menawarkan beberapa jenis deposito, seperti deposito berjangka, deposito syariah, dan tujuan tertentu. 

Pilihlah deposito yang sesuai dengan tujuan kebutuhanmu. Jenis deposito pilihanmu akan berpengaruh pada suku bunga dan keuntungan yang diperoleh nanti ya. Umumnya, semakin lama jangka waktu deposito, biasanya suku bunga yang ditawarkan juga semakin tinggi.

BACA JUGA:Tak Perlu Mengantre, Ini 2 Cara Mudah Membuka Rekening Mandiri Secara Online!

Risiko Deposito

Perlu diketahui, deposito memang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga maksimal Rp2 miliar per nasabah per bank. Namun, investasi deposito tidak sepenuhnya bebas risiko karena ada kemungkinan bank mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu, pastikan kamu mengetahui dan memahami risiko ini sebelum membuka deposito ya

Penarikan Sebelum Jatuh Tempo

Jika kamu dalam keadaan darurat dan berniat melakukan penarikan sebelum jatuh tempo, maka akan ada potongan atau pengurangan suku bunga yang diterima. Hal ini bergantung pada ketentuan yang berlaku pada BRI dan jenis deposito yang dipilih.

Nah, sebaliknya bila kamu tidak melakukan penarikan dana setelah jatuh tempo, maka deposito akan diperpanjang secara otomatis dengan suku bunga yang berlaku pada saat itu.

 

Demikian beberapa informasi mengenai cara membuka deposito BRI, semangat menabung dan semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: