5 Makanan untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

5 Makanan untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

--

DISWAY JOGJA - Pola hidup sehat menjadi satu cara efektif untuk menjaga sistem imun tubuh, salah satunya adalah soal makanan. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, sistem imun tubuh akan semakin kuat.

Jika sistem imun tubuh sudah kebal, maka bakteri dan virus penyebab penyakit tidak akan mudah menyerangmu. Apalagi jika diimbangi dengan mengonsumsi makanan ini serta menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh seperti menerapkan gaya hidup sehat, istirahat yang cukup, rutin olahraga, mengurangi stres serta mengonsumsi makanan-makanan sehat dan juga vitamin.

Selain vitamin, terdapat beberapa makanan yang bisa Kamu konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Penasaran apa saja? simak ulasannya dibawah ini :

1. Jeruk

Buah satu ini terkenal sebagai sumber vitamin C yang tinggi. Selain untuk menjaga sistem imun tubuh, jeruk juga terbukti bisa menjaga Kamu dari serangan berbagai penyakit.

Jeruk juga mengandung banyak kolagen, bisa mengurangi peradangan serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk memakai lemak sebagai sumber bahan bakar, baik itu saat berolahraga atau pun sedang istirahat.

Vitamin C pada jeruk berfungsi sebagai antioksidan guna mencegah penuaan, dan dibutuhkan untuk produksi serotonin. Vitamin C inilah yang akan membantu Kamu meningkatkan kualitas tidur.

2. Bawang Putih

Khasiat bawang putih sebagai penangkal virus sudah terdengar sejak dulu. Bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur yang dinamakan sebagai allicin. Itulah yang bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Satu siung bawang putih kaya akan nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin C, mangan, selenium dan kalsium. Bawang putih juga berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh karena mengandung oligosakarida, flavonoid dan asam amino.

Kandungan-kandungan tersebutlah yang sangat bermanfaat untuk sistem imun atau kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan jika bawang putih bisa mengatasi gejala batuk dan flu. Hal itu karena bawang putih mampu memproduksi sendiri sel imun untuk memerangi infeksi virus dan bakteri.

3. Bayam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: