Jejak Sejarah Kenapa Pontianak Dapat Julukan Kota Kuntilanak, Berawal dari Ayunan

Jejak Sejarah Kenapa Pontianak Dapat Julukan Kota Kuntilanak, Berawal dari Ayunan

Kota Pontianak yang kerap dijuluki Kota Kuntilanak--

DISWAY JOGJA - Pontianak, adalah sebuah kota yang terletak di pulau Kalimantan. kota ini punya banyak julukan, salah satu  yang mengundang rasa penasaran adalah kota Kuntilanak.

Julukan ini merujuk pada sosok makhluk halus dalam mitologi Jawa yang sering dihubungkan dengan dunia supranatural. Meskipun julukan ini mungkin terdengar mistis, ada alasan sejarah dan budaya yang mengakari pemberian julukan tersebut.

Ulasan dibawah akan membahas beberapa hal terkait kota Pontianak mulai dari sejarah hingga aspek lain yang meliputinya :

Asal Mula Julukan

Asal usul julukan Kota Kuntilanak punya kaitannya dengan sejarah panjang dan perpaduan budaya di wilayah tersebut. Kota Pontianak yang merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, dikenal sebagai kota yang kaya akan mitos dan cerita mistis.

Salah satu yang menjadi landasan julukan ini adalah tentang adanya kawasan pemakaman Taman Alun-Alun, yang menurut cerita warga lokal sering dihuni makhluk halus seperti kuntilanak.

Mengutip dari buku “Asal-Usul Kota-Kota di Indonesia Tempo Doeloe” karya Zaenuddin (2014), Syarif Abdurrahman, anak dari seorang penyebar ajaran Islam bernama Al Habib Husin, sering mendapat gangguan dari kuntilanak ketika sedang menyusuri Sungai Kapuas.

Karena gangguan itu, dia melepas tembakan meriam dengan terpaksa untuk mengusir kuntilanak tersebut. Tembakan meriam itu jatuh di dekat persimpangan Sungai Kapuas dan Sungai Landak yang menjadi wilayah kesultanannya. Wilayah tersebut kini dikenal dengan nama Kampung Beting.

BACA JUGA: Menelisik Mitos Kepuhunan, Kepercayaan Masyarakat Kalimantan Tentang Menerima Sesuatu

Selain kisah itu, ada masyarakat yang mempercayai bahwa asal-usul nama Pontianak berasal dari legenda Ayunan Anak dan Pohon Punti.

Di dalam ceritanya, Kota Pontianak berasal dari ayunan anak yang berada di sekitar Masjid Jami’. Ayunan ini biasa digunakan oleh anak-anak ketika orang tuanya sedang bekerja.

Kemudian legenda lainnya, yaitu berasal dari kata pohon punti. Pohon punti atau pohon ponti artinya adalah pohon-pohon yang tinggi. Saat itu, Kalimantan banyak ditumbuhi pohon yang tinggi. Maka dari itu, lahirlah nama Pontianak.

Cerita-cerita serupa yang mengandung unsur supranatural telah mengakar kuat di masyarakat setempat hingga menciptakan aura misteri di sekitar kota ini.

Perpaduan Budaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: