10 Daftar Taman yang Bisa Anda Kunjungi untuk Menikmati Udara Segar dan Keindahan Alam Kota Tegal

10 Daftar Taman yang Bisa Anda Kunjungi untuk Menikmati Udara Segar dan Keindahan Alam Kota Tegal

Taman Poci Kota Tegal--instagram/infotegal

DISWAY JOGJA – Kota Tegal, yang terletak di provinsi Jawa Tengah, tidak hanya dikenal sebagai pusat perdagangan dan industri, tetapi juga memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang menarik untuk dieksplorasi. Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan alam kota ini adalah dengan mengunjungi berbagai taman yang tersebar di seluruh penjuru kota.

BACA JUGA:Kamu Sedang di Bogor? Coba Taman Wisata Matahari! ini dia 5 hal menarik yang Dijamin Gak Bikin Kecewa

Berikut adalah 10 daftar taman-taman yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati udara segar dan keindahan alam Tegal:

1.       Taman Poci

Taman Poci merupakan tempat bermain anak yang terletak di seberang stasiun Tegal. Ada banyak pengunjung ke taman ini di malam hari. Banyak penjual menawarkan permainan dan makanan untuk anak-anak. Wisata Taman Teko Panggung Tegal Jawa Tengah merupakan tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas selama liburan, terutama saat libur panjang seperti hari libur nasional atau hari libur nasional lainnya. Keindahan Kawasan Wisata Taman Poci di Tegal Jawa Tengah sangat baik bagi siapapun yang jauh maupun dekat yang ingin datang dari dekat untuk mengunjungi Kawasan Wisata Taman Poci di Tegal Jawa Tengah pemandangan di kota Tegal. Keindahan yang dibawa taman ini seakan membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Kebanyakan pengunjung Taman Poci adalah pasangan remaja yang menghabiskan waktu bersama orang yang mereka cintai. Lokasi Taman Poci tidak jauh dari stasiun Tegal. 

2.       Alun-alun Taman

Alun-alun kota Tegal setelah direnovasi besar-besaran kini terlihat lebih baik. Lebih dari sekedar pusat komunitas dan jantung kota. Namun sebagai ruang hijau dan area hiburan terdapat taman bunga, air mancur menari dan jembatan terbang. Setiap Jumat dan Sabtu pagi, pemerintah kota juga memberikan instruktur senam gratis kepada masyarakat.

3.       Taman Pancasila

Taman Pancasila masih satu kawasan dengan Alun-alun Tegal. Lokasinya persis di depan stasiun Tegal atau gedung Birao yang sekarang dikenal dengan Lawang Satus. Di Taman Pancasila, masyarakat bisa menikmati indahnya bunga dan lokomotif antik D 301 03. Kemudian datanglah Garuda yang ikonik dan monumen yang diresmikan oleh Presiden Indonesia Soekarno.  

BACA JUGA:Wow hanya 21 KM dari Kota Kebumen, Destinasi Pemandangan Taman Ini Seperti Sungai Aare Swiss

4.       Taman Yos Sudarso

Taman Yos Sudarso menarik karena lokasinya di Balai Kota Lama atau di sini disebut Balwas. Ada banyak bangunan bersejarah, seperti Gedung Parlemen, Kantor Pos dan Markas Pangkalan Angkatan Laut Tegal.Lalu ada tugu Yos Sudarso. Banyak juga penjual makanan angkringan setiap sore.

5.       Taman Pemuda

Taman Pemuda terletak di seberang Taman Yos Sudarso. Jika sebelumnya taman ini kurang tertata, kini akan lebih baik lagi di tahun 2022. Fasilitas yang ada antara lain tempat duduk untuk tamu, spot foto dan fasilitas bermain untuk anak seperti ayunan. Rencananya pada tahun 2023 taman ini akan dilengkapi dengan berbagai tanaman berbunga.

6.       Taman Tegalsari

Taman Tegalsari merupakan taman indah yang terletak di pesisir kota Tegal. Lokasinya berada di kampung nelayan di Desa Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Taman ini merupakan proyek yang dikerjakan oleh Departemen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Masyarakat dapat mengagumi tanaman dan area bermain anak-anak. Kemudian nikmati pemandangan perahu nelayan yang berjejer di area tersebut.

7.       Taman Sipelem

Taman Sipelem juga merupakan taman yang baru saja mengalami facelift. Alamatnya di Jalan Sipelem, Desa Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Lokasinya persis di sebelah selatan RS Mitra Keluarga. Taman Sipelem memiliki banyak pohon dan bunga yang indah. Ada ruang yang nyaman untuk keluarga bermain.

BACA JUGA:Ini Alasan Taman Senja Pemalang Wajib Anda Kunjungi, Nomor 4 Mirip Bukit Teletubbies Loh!

8.       Taman Bung Karno

Taman Bung Karno juga menunjukkan perubahan yang signifikan. Saat ini, kawasan tersebut dilengkapi dengan banyak fasilitas seperti taman bermain anak dan tempat foto komunitas. Alamatnya di Desa Pesurunganlor, Kecamatan Margadana, Kota Tegal. Lokasinya dekat dengan jalan lingkar Tegal. Kawasan ini juga dekat dengan Kampung Petani Telur Asin Kota Tegal.

9.       Taman Gatot Subroto

Motor tersebut berhenti di depan Taman Gatot Subroto, Kota Tegal, dekat simpang lampu merah Terminal Tegal. Taman Gatot Subroto adalah sebuah taman luas tanpa tanah. Taman ini terletak di pinggir jalan perempatan lampu merah stasiun Tegal. Tapi orang masih bisa menikmati beberapa pohon dan sekedar berfoto.

10.   Taman Kalinyat wetan

Taman Kalinyamatwetan terletak di Desa Kalinyamatwetan, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal. Taman Kalinyamatwetan tidak jauh beda dengan Taman Gatot Subroto, letaknya di pinggir jalan dan ukurannya tidak besar. Hanya berupa prasasti ikonik “Taman Kalinyamatwetan” dan beberapa tumbuhan. Direktur DLH Kota Tegal Nany Lestari mengatakan pemeliharaan dan pemeliharaan taman akan berlanjut hingga 2023. Beberapa program ke depan akan fokus pada pembangunan peralatan dan infrastruktur.

 

Nah, itu dia 10 daftar taman-taman yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati udara segar dan keindahan alam Tegal.

Semoga bermanfaat (*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: