Inilah 6 Poin Penting Yang Dapat Anda Gunakan Sebagai Referensi Saat Memilih Senar Bass Terbaik

Inilah 6 Poin Penting Yang Dapat Anda Gunakan Sebagai Referensi Saat Memilih Senar Bass Terbaik

Diswayjogja--Musiksquartz

DISWAYJOGJA.ID - String (senar) bass yang tepat menghadirkan kenyamanan bagi pemain bass. Apakah itu bass 4, 5 atau bahkan 6 senar, bagi bassis yang membutuhkan senar bagus. Senar bass yang bagus memberikan aura yang baik dan kualitas suara yang baik. 

 Mari kita cari tahu beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum memilih senar bass

Harap baca setiap poin berikut dengan seksama agar Anda dapat memilih senar bass yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Tips memilih senar bass yang kami sajikan beserta penjelasanya:

 

1. Sesuaikan jumlah senar

 

Berdasarkan jumlah senarnya, ada 3 jenis bass yang umum digunakan bassis, yaitu bass 4 senar, 5 senar, dan 6 senar. Pilih produk yang memiliki jumlah senar yang sama  pada bass. Jika Anda menggunakan bass 4 senar, pilihlah  bass 4 senar juga.  

BACA JUGA:9 Tips Untuk Menghindari Kesalahan Dan Penyesalan Saat membeli Gitar Bass. Yuk! Simak

Senar bass 4 senar dapat digunakan pada senar 6, namun senar memiliki bagian  yang tidak dapat diubah. Ini tidak cocok untuk mereka yang  mengganti senar bass sepenuhnya. Sebaliknya, bass 6 senar dapat digunakan untuk bass 4 senar. Namun, ini akan menjadi pemborosan, karena semakin banyak material yang dimiliki suatu produk, semakin tinggi harganya.

 

2. Pastikan panjang dari senar sesuai panjang bass

 

Bentuk bass yang berbeda-beda juga menunjukkan bahwa panjang skala bass juga berbeda. Panjang tangga nada adalah jarak gitar bass dari nut ke bridge. Panjang skala mempengaruhi pemutaran saat memainkan bass. Skala yang lebih panjang berarti bass juga memiliki lebih banyak goresan. 

 

Umumnya ada empat skala panjang yang berbeda, yaitu pendek (30 inci), sedang (32 inci), skala panjang (34 inci) dan skala ekstra panjang (35 inci). Jika Anda menggunakan produk dengan skala yang salah, senarnya mungkin tidak cukup panjang atau bahkan terlalu panjang. Jika demikian, Anda tidak akan dapat menggunakan senar bass, atau suara bass akan terdengar tidak rapi.

 

3. Periksa komposisi yang digunakan senar bass

 

Ada tiga bahan kawat yang tersedia di pasaran yaitu nikel, baja tahan karat dan baja berlapis nikel. Masing-masing bahan ini memiliki karakteristik suaranya sendiri. Mari simak uraian kami di bawah ini. 

 

 Nikel 

Bahan ini memiliki daya tarik magnet yang lebih sedikit daripada baja. Karena sifat ini, material nikel memiliki nada yang lebih hangat. Senar bass ini cocok untuk memainkan musik  pop, jazz dan country. 

 

 Besi tahan karat 

Senar  stainless steel lebih tahan terhadap korosi, sehingga tidak mudah berkarat. Senar bass ini menghasilkan suara yang jernih, sehingga cocok untuk musik keras seperti rock dan metal. 

 

 Baja berlapis nikel 

Ini adalah bahan benang yang paling populer. Baja berlapis nikel terbuat dari baja, kemudian berlapis nikel. Senar bass ini mampu menghasilkan suara yang bersih sehingga cocok untuk memainkan banyak style musik.

BACA JUGA:Mari! Simak 8 Rekomendasi Merek Gitar Bass Yang Sering Digunakan Oleh Musisi-Musisi Terkenal

4. Perhatikan bentuk gulungan pada permukaan senar bass

 

Gulungan di sekitar inti senar bass juga  mempengaruhi nada dan pemutaran. Setidaknya ada tiga jenis kumparan yang umum digunakan, yaitu kumparan bulat, kumparan datar, dan kumparan pita. Yuk simak detailnya di bawah ini.

 

 Gulungan bulat (Roundwound)

Senar bulat adalah jenis pelintiran yang ditemukan pada banyak senar bas. Senar bass ini terbuat dari nikel atau baja tahan karat dan memiliki permukaan  bergerigi. 

Suara yang dihasilkan oleh senar ini lebih terang dan  keras. Pantas saja senar ini populer di kalangan pemain bass  rock dan punk. Seiring  waktu, pemain bass jazz, country, dan blues juga banyak menggunakan senar ini.

 

 Gulungan datar (Flatwound)

Flatwound adalah inti baja yang dibungkus kawat datar untuk memberikan permukaan yang lebih halus. Oleh karena itu, senar ini memberikan nada yang lebih lembut dan  bulat. Akord bass ini sering digunakan untuk memainkan musik jazz dan old school soul. Permukaan yang rata dan halus  membantu mengurangi keausan pada papan jari.

 

 Gulungan pita (Tapewound)

Tapewound adalah kawat logam yang dibungkus nilon, Salah satu ciri adalah berwarna hitam. Nada yang diciptakan oleh strap ini adalah perpaduan gelap dan lembut. Senar bass ini sangat empuk saat dipetik. Oleh karena itu, senar ini cocok untuk Anda yang memainkan bass dengan teknik yang rumit.

 

5. Cek coating senar untuk penggunaan yang lebih awet

 

Bagi mereka yang mengapresiasi keawetan senar bass dengan penggunaan jangka panjang, lihat covernya. Coating adalah lapisan tipis yang  melindungi lidah dari kotoran dan  asam dari tangan yang berkeringat. Berkat coating tersebut, penggunaan senar bass  lebih awet. 

 

Namun, senar tertutup menghasilkan suara yang berbeda dari senar biasa. Oleh karena itu, pilihlah senar bass dengan lapisan yang tipis. Anda dapat memilih hanya lapisan setebal nanometer. Selain proteksi, suara yang dihasilkan produk ini tidak jauh berbeda dengan senar biasa.

 

6. Pilih Tension senar bass sesuai dengan gaya bermain anda

 

Bass hadir dengan 3  ukuran senar yang berbeda yaitu light, medium dan heavy. Ukuran ini mempengaruhi ketegangan pada senar bass saat dimainkan. Semakin besar  senar bass, semakin kuat tegangannya. Anda juga harus menggunakan lebih banyak energi untuk memainkan kunci itu. 

BACA JUGA:Mari! Simak 8 Rekomendasi Merek Gitar Bass Yang Sering Digunakan Oleh Musisi-Musisi Terkenal

Senar yang lebih kecil lebih mudah dimainkan, tetapi volumenya lebih rendah. Senar tegangan rendah cocok untuk pemula yang baru belajar bermain bass. Karena itu, pahami dulu level permainan Anda. Selanjutnya, pilih senar bass yang cocok untuk Anda.

 

Demikian, di atas kami telah membahas beberapa poin penting yang dapat Anda gunakan sebagai referensi saat memilih senar bass terbaik. Plus, kami akan memberi Anda rekomendasi tentang sepuluh produk yang mungkin ingin Anda pertimbangkan. Lanjut di pembahasan yang akan mendatang. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dunia musik