Simak! 4 Cara Sederhana Merawat Kaktus Agar Tidak Cepat Mati

Simak! 4 Cara Sederhana Merawat Kaktus Agar Tidak Cepat Mati

kaktus--

 

DISWAY JOGJA- Kaktus adalah salah satu tanaman hias yang banyak penggemarnya. Kaktus memiliki ciri khas yang unik dengan batang berongga dan memiliki duri. Akan tetapi kaktus memiliki keindahan jika ditanam dan dirawat di rumah anda. Kaktus memiliki fungsi untuk menangkat karbondioksida yang nantinya diolah menjadi oksigen yang bagus sebagai kebutuhab harian anda.

Selain bisa menjadi dekorasi rumah, tanaman kaktus disebut-sebut dapat membersihkan udara, meningkatkan fokus, dan masih banyak lagi. Kaktus yang banyak digunakan sebagai tanaman hias sebagian besar adalah kaktus mini yang banyak memiliki penggemarnya.

BACA JUGA:Anda Suka Bercocok Tanam? Simak! 5 Media Tanam Hidroponik Yang Buat Tanaman Anda Subur

Akan tetapi, bagi anda yang ingin memelihara kaktus agar tahan lama dan mati berikutbadalah cara untuk memelihara kaktus agar bisa terus hidup sebagai dekorasi rumah yang indah

1. Rutin Menyiran Kaktus Dengab Benar

Yups! Kaktus harus disiram dengan benar. Walaupun kaktus bisa bertahan hidup dintanah yang gersang sekalipun akan tetapi, kaktus juga harus disiram air.

Sebaliknya, saat musim hujan, hindari  terlalu sering menyiram kaktus. Pastikan kamu tidak memberikan kaktus terlalu banyak air karena bisa membuat batangnya membusuk.

BACA JUGA:Tingkatkan Kesehatan Anda dengan 15 Manfaat Luar Biasa dari Rebusan Daun Sirsak, Simak Penjelasannya

Cara mengetahui waktu yang tepat untuk menyiram kaktus adalah dengan menyentuh atau menusukkan lidi kedalam media tanam.

Jika sudah kering dan tidak ada tanah yang tertinggal di lidi, maka sudah waktunya untuk menyiram kaktus kesayangan kamu di rumah.

2. Harus Bisa Memilih Media Tanam Yang Tepat

Tipe tanaman seperti kaktus ini harus  memiliki media tanam yang bisa untuk mengalirkan air. Jika sirkulasi airnya tidak mengalir dan terkesan mengendap di tanah dapat menyebabkan batang kaktus membusuk dan mati karena terlalu banyak air.

BACA JUGA:12 Manfaat Rebusan Daun Teh (Camellia sinensis) bagi Kesehatan, Pecinta Teh Wajib Tau!

Tips yang tepat untuk kamu bisa memberikan media tanam yang tepat untuk kaktus ini adalah  dengan perbandingan tanah, pupuk dan air itu 1:1:1 sehingga seimbang dan bisa memberikan sirkulasi udara yang baik untuk kaktus.

3. Harus Diberikan Pencahayaan Yang Cukup

Kaktus biasanya berasal dari wilayah gurun yang panas. Tentu, kondisi yang disukainya adalah tempat kering dengan banyak cahaya matahari. Namun, berhati-hatilah agar tidak langsung terkena sinar matahari karena kaktus pun bisa terbakar. Tempat untuk meletakan kaktus yang paling ideal adalah di jendela yang menghadap ke selatan dan barat.

Dengan posisi ini, kaktus bisa menerima cahaya matahari dengan cukup. Pencahayaan sangatlah penting bagi kaktus untuk melakukan fotosintesis yang baik.

4. Memberikan  Pupuk Secara Berkala

Kaktus juga membutuhkan nutrisi yang cukup. Hal ini yang harus anda lakukan dengan memberikan pupuk secara teratur agar nantinya metabolisme tumbuhan kaktus ini bisa bekerja dengan baik. Selain itu, pemberian pupuk secara berkala dapat menyebabkan pupub bertahan hidup lebih lama.

Itu dia 4 cara sedrhana merawat tanaman kaktus yang bisa digunakan untuk dekorasi rumah dan tidsk cepat mati ataupun membusuk batangnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: