5 Buah Kaktus ini Ternyata Bisa diKonsumsi! Kok Bisa Ya?

5 Buah Kaktus ini Ternyata Bisa diKonsumsi! Kok Bisa Ya?

Pir Berduri - Salah satu jenis buah kaktus yang bisa dikonsumsi -Disway-Google

DISWAYJOGJA.ID - Tanaman kaktus identik dengan lingkungan kering dan gersang seperti padang pasir. Dengan ciri tekstur yang cenderung keras dan punya banyak duri, kaktus sering disalahpahami sebagai tanaman yang tak memiliki buah.

Banyak orang bahkan tidak tertarik untuk memelihara tanaman ini dirumah, karena dinilai tidak memiliki manfaat. Terlebih karena dipenuhi duri, kaktus akhirnya jarang diminati orang untuk dijadikan tanaman hias. Padahal kaktus memiliki banyak jenis yang tidak semuanya terlihat membosankan.

Selain itu, ada beberapa jenis kaktus yang menghasilkan buah dan ternyata dapat dikonsumsi oleh manusia. Beberapa di antaranya bahkan juga bagus bagi kesehatan tubuh, lho. Lantas, apa saja sih jenis buah kaktus tersebut?

1. Pir Berduri

Pir Berduri merupakan jenis buah kaktus yang telah dikonsumsi selama ribuan tahun di Meksiko dan Amerika Tengah. Buah ini mengandung banyak nutrisi yang baik, seperti magnesium, kalium, dan kalsium. Ada juga vitamin C, yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh.

2. Buah Naga

Siapa yang tidak menyangka kalau buah ini masih satu keluarga dengan kaktus? Ya, buah yang sering dikonsumsi oleh sebagian orang ini berasal dari keluarga kaktus berjenis Cactaceae.

Bil lebih teliti, seharusnya kamu sudah tahu hal ini ketika melihat batang tanaman Buah Naga yang sangat mirip dengan kaktus. Itu karena mereka memang sejenis!

Selain memiliki rasa yang segar, Buah Naga memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh, seperti, menurunkan risiko diabetes, kanker, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga baik untuk sistem pencernaan.

Bila lebih teliti, seharusnya kamu sudah tahu hal ini ketika melihat batang tanaman Buah Naga yang sangat mirip dengan kaktus. Itu karena mereka memang sejenis!

Selain memiliki rasa yang segar, Buah Naga memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh, seperti, menurunkan risiko diabetes, kanker, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga baik untuk sistem pencernaan.

3. Buah kaktus Barrel 

Buah yang berasal dari Amerika Utara dan Selatan ini, memiliki rasa yang ringan dan mirip sekali dengan buah lemon.

Buah ini dapat dikenali lewat biji berwarna hitam mengkilap yang berada di dalamnya. Selain itu, bentuknya juga seperti nanas dengan warna kuning terang, namun berukuran jauh lebih kecil. Buah kaktus barrel sangat baik bagi kesehatan kerana dipenuhi dengan vitamin A dan C.

4. Buah Saguaro

Saguaro cactus merupakan jenis kaktus yang dapat ditemui di gurun Sonoran, Amerika Utara. Tingginya bisa mencapai 12 meter, dan sering sekali menarik perhatian para wisatawan. 

Buah kaktus ini memiliki rasa yang manis ringan, mirip seperti buah stroberi. Dengan rasanya yang begitu enak, orang-orang kerap kali mengolah buah saguaro menjadi selai, sirup, dan bahkan minuman anggur.

5. Apel Peru

Meskipun bernama apel, buah yang satu ini tak termasuk ke dalam jenis apel lho, melainkan dari keluarga kaktus

Memiliki warna kulit magenta merah serta daging berwarna putih, mirip seperti buah kiwi. Teksturnya juga terbilang unik, yaitu renyah dan berair sama seperti es serut. Selain itu, apel peru juga dilengkapi dengan kandungan vitamin C, beta karoten, serta serat yang punya manfaat baik bagi kesehatan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: