Simak! 5 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh Anda.

Simak! 5  Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh Anda.

manggis--

 

DISWAY JOGJA- Manggis sering kita temui dalam kegiatan sehari-hari kita. Nama latin manggis adalah Garnicinia Mangostana Linn termasuk dalam salah satu tanaman tropis yang berasal dari Indonesia. Perlu kalian tahu bhwa sebagian besar pohon manggis di Indonesia adalah tanaman liar yang tingginya bisa mencapai 10 meter. Manggis masa berbuahnya setelah pohonya mencapai umur 8-10 tahun.

BACA JUGA:Berikut! 5 Olahan Pisang Yang Cocok Untuk Peluang Usaha Anda!

Buah manggis yang sudah masak memiliki kulit buah yang berwarna ungu kemerahan sedangkan isinya berwarna putih. Tingkat kematangan buah sangat berpengaruh terhadap mutu dan daya simpan buah. Semakin matang maka akan semakin singkat daya simpannya.

Jika kita lihat kandungan gizinya, manggis tidak kalah bersaing dengan buah populer seperti jeruk dan apel. Berikut ini adalah kandungan gizi buah manggis dalam 1 mangkuk (setara 196 gram):

Kalori: 143 kalori 

Karbohidrat: 35 gram 

Serat: 3,5 gram 

Lemak: 1 gram 

 Protein: 1 gram 

Vitamin C: 9 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian 

Vitamin B9 (asam folat): 15 persen dari jumlah kebutuhan asam folat harian 

Vitamin B1 (tiamin): 7 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B1 harian 

Vitamin B2 (riboflavin): 6 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B2 harian 

Mangan: 10% dari jumlah kebutuhan mangan harian 

Tembaga: 7% dari jumlah kebutuhan tembaga harian 

Magnesium: 6% dari jumlah kebutuhan magnesium harian 

BACA JUGA:Simak! 5 Manfaat Jamur Enoki Bagi Tubuh, Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Buah manggis kaya akan nutrisi dan vitamin yang bagus untuk tubuh anda. Dalam penelitian satu cangkir yang dihasilkan oleh buah manggis dapat memenuhi kebutuhan serat harian tubuh sebesar 14%. Kalian wajib tahu bahwa buah manggil adalah salah satu buah yang memiliki tingkat kalori yang sangat rendah.

Berbagai manfaat yang bisa di dapatkan keyika anda mengkonsumsi manggis secara rutin. Berikut adalah 5 manfaat manggis yang dapat kalian tahu.

1. Manggis Dapat Mengontrol Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

Dalam buah manggis mengandung zat Xanthone yang bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti kanker, dan tekanan gula darah. Dalam beberapa peneilitian mengungkapkan bahwasanya ketika anda mengkonsumsi ekstrak kulit manggis 400 mg setiap hari bisa memenuhi nutrisi dan menurunkan resistensi insulin secara signifikan. Dimana ketikan insulin ini tidak bisa dikendalikan  maka dapat mengakibatkan penyakit diabetes.

2. Baik progran kehamilan dan ibu hamil

Buah manggis mengandung senyawa asam folat yang tergolong tinggi. Hal ini sangat baik dianjurkan jika dikonsumsi oleh ibu hamil atau anda yang ingin mengejar program kehamilan. Manfaat dari asam folat ini adalah untuk mencegah adanya kelainan pada tabung syaraf pada bayi . Jadi, bua manggis memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kandungan anda.

BACA JUGA:5 Fakta Unik Kacang Kedelai Banyak Yang Belum Tahu!

3.Jadi Sumber Antioksidan Yang Tinggi, Anti Kanker, dan Antiinflamasi

Buah manggis mengandung zat yang disebut Xanthone yakni senyawa fitokimia yang mengandung zat merah khas dari buah manggis yang memiliki kashiat sebagai antikanker, anti bakteri dan anti inflamasi. Selain itu xanthone juga berpotensi untuk memperkuat sistem imun dan menyehatkan serta mendukung kesehatan mental dan keseimbangan mikroba tubuh dan meningkatkan kelenturan sendi. Jika anda bisa mengkonsumsi buah manggis ini secara rutin maka dapat mengurangi atau bahkan mencegah timbulnya penyakit kronis tersebut.

4. Baik Untuk Pencernaan Tubuh

Buah manggis sangat baik untuk pencernaan tubuh anda. Serat yang terkandung dalam buah manggis sangat besar dan baik untuk sistem pencernaan tubuh. Buah manggis juga cocok untuk dijadikan bahan diet karena dalam beberapa penelitian khasiat dari penggunaan serat tinggi dapat menjaga usus agar tetap bekerja dengan baik.

5. Dapat Menjaga Fungsi Otot Agar Tetap Kencang

Buah manggis memiliki vitamin dan mineral yang sangat tinggi bagi tubuh. Dengan adanya vitamin dan mineral tersebut maka dapat mempertahankan banyak fungsi organ dalam tubuh  termasuk penyembuhan luka, penbentukan otot, produksi DNA, Pensiyalan Saraf dan lain sebagainya yang tentunya bisa untuk menceagh segala virus dan baketeri masuk ke tubuh.

Itulah manfaat buah manggis yang dapat kalian konsumsi. Bisa menjadi obat herbal yang berkhasiat tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bekerja dengan baik.***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc.com