Mengecap Lezatnya Wedang Tahu, Kuliner Unik yang Cocok disantap Saat Cuaca Dingin

Mengecap Lezatnya Wedang Tahu, Kuliner Unik yang Cocok disantap Saat Cuaca Dingin

Lezatnya Wedang Tahu bila disantap saat musim hujan-Disway-Google

Wedang tahu adalah minuman yang terbuat dari sari tahu dan disiram kuah jahe. Minuman ini cocok dinikmati saat cuaca dingin karena bisa menghangatkan badan.

Walau tersebar di beberapa wilayah, sebetulnya Wedang tahu tidak berasal dari Indonesia loh, melainkan dari Tiongkok.

Asal usul Wedang tahu

Menurut sejarah, Wedang tahu berasal dari Tiongkok dan dibawa ke Indonesia oleh seorang imigran pada akhir abad ke-19.

Namun Wedang tahu asli Tiongkok berbeda dengan Wedang tahu yang biasa ditemui di Indonesia. Bentuk tahu dan rasanya memang sama tapi perpaduannya berbeda.  

Di Tiongkok, Wedang tahu diberi taburan udang kecil atau rebon kering. Kuahnya pun menggunakan kuah kecap yang gurih dengan isian sayuran asin, dan taburan daun bawang atau daun ketumbar.

Bila melihat dari penjelasannya Wedang tahu asli Tiongkok bukanlah minuman, melainkan makanan atau lauk berkuah.

Perkembangan Wedang tahu

Wedang tahu populer di Semarang. Di sini Wedang tahu dibuat layaknya minuman hangat seperti wedang ronde. Kuahnya memakai rebusan jahe dan gula merah yang bercita rasa manis padas. Untuk isiannya, memakai kembang tahu yang lembut.

Dulunya, penjual Wedang tahu di Semarang menjajakan minuman ini dengan cara dipikul. Untuk menarik perhatian, penjual akan membunyikan kentongan kecil yang dipukul menggunakan kayu.

Seiring berjalanan waktu, cara berjualan Wedang tahu mulai berbeda. Saat ini Wedang tahu dijajakan menggunakan gerobak dan dengan cara berkeliling atau menetap di pinggir jalan. 

Di Indonesia Wedang tahu memiliki nama-nama yang berbeda. Di Surabaya, lebih dikenal dengan nama tahwa. Sementara itu, di Surakarta lebih populer dengan nama tahok. Ada pula yang menyebutnya dengan nama kembang tahu seperti populer di Jakarta. 

Tidak hanya pada nama, Wedang tahu diberbagai daerah juga berbeda varian topping maupun kuahnya. Misalnya seperti Wedang tahu Surabaya dengan tambahan kacang tanah. Ada pula yang memakai es serut serta menggunakan susu kedelai untuk bahannya.

 

Selain memiliki cita rasa yang unik, tekstur kembang tahu yang lembut juga memberi kesan tersendiri saat dikonsumsi. Saat cuaca dingin maupun turun hujan, Wedang tahu sangat lezat untuk dinikmati bersama keluarga maupun teman terdekat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: