5 Tanaman dengan Kemampuan Tak Biasa, Kamu Pasti Kaget!

5 Tanaman dengan Kemampuan Tak Biasa, Kamu Pasti Kaget!

--

DISWAY JOGJA - Kita mengenal manusia dan hewan sebagai makhluk hidup yang punya kemampuan unik dan luar biasa. Sedangkan tumbuhan sering dianggap sebagai makhluk yang rapuh dan lemah.

Tidak banyak yang tahu jika tanaman juga bisa memiliki kualitas yang luar biasa untuk bertahan hidup lewat cara dan kemampuan mereka yang terbilang unik.

Tanaman yang tumbuh di alam bebas diciptakan dengan kemampuan untuk dapat bertahan hidup. Kemampuannya ini seringkali tidak bisa dilihat oleh manusia. Salah satunya tanaman dengan kemampuan tak biasa. Penasaran apa saja? Simak ulasannya dibawah ini :

 

1. Putri Malu

Kita akan mulai membahas dari tanaman yang sudah sering dijumpai di Indonesia, yaitu tanaman putri malu. Tanaman ini terkenal akan kemampuan gerak ketika disentuh.

Kemampuan tersebut disebut sebagai gerak seismonasti jika disentuh, maka daun dari tanaman ini akan reflek menguncup.

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, tetapi sudah tersebar secara luas khususnya di negara dengan iklim yang hangat. Tanaman ini dinilai unik karena seolah “malu” ketika disentuh oleh manusia, maka dari itu dinamakan tanaman putri malu.

Jangan khawatir, karena tanaman ini dapat membuka kembali anak daunnya setelah beberapa menit mengatup. Tanaman ini ternyata juga memiliki manfaat baik untuk pengobatan lho, Ma!

2. Venus Flytrap

Masih seputar tanaman karnivora, selanjutnya adalah venus flytrap. Tanaman yang satu ini berasal dari daerah Carolina, Amerika Serikat. Tanaman ini memiliki tampilan berwarna hijau dan capit yang berwarna merah.

Meskipun namanya Venus Flytrap atau Venus penangkap lalat, tetapi tanaman ini juga menyantap serangga lainnya seperti laba-laba, jangkrik, nyamuk dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: