20 Fakta Menarik Tentang Sejarah Uang Amerika Serikat, yang Mungkin Belum Anda Ketahui

20 Fakta Menarik Tentang Sejarah Uang Amerika Serikat, yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Dollar--Bisnis.com

DISWAY JOGJA – Dengan AS baru-baru ini menaikkan batas utangnya, dolar berada di bawah tekanan yang meningkat sebagai mata uang dunia, dan bahkan bisa runtuh. Mata uang lain bisa mengikuti.

Oleh karena itu mungkin penting untuk melihat asal-usul uang sebagai sarana daya beli masa depan dan kemampuan barter. Uang berevolusi dari mekanisme barter sederhana menjadi struktur yang sangat rumit yang kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

John Lowe dari MoneyDoctors.ie memberikan penjelasan singkat tentang asal-usul melalui 20 poin informasi

 

BACA JUGA: Transformasi Digital dan Inovasi di Balik Kesuksesan KUR BRI dalam Mendukung Pertumbuhan UMKM

 

Berikut 20 fakta menarik tentang sejarah uang Amerika Serikat:

1. Sebelum uang dibuat dari uang kertas dan koin, barang-barang ini digunakan sebagai mata uang: kulit kerang, gading, tanah liat, binatang hidup dan biji-bijian. Selama bisa dibagi dan langka, itu bisa dianggap sebagai "uang".

 

2. Nama uang berasal dari bahasa Inggris Tengah: dari bahasa Prancis Kuno "moneie", dari bahasa Latin "moneta" yang berarti "mint, uang", aslinya merupakan gelar dewi Juno, yang di kuilnya uang dicetak di Roma.

 

3. Bank-bank pertama kemungkinan besar adalah kuil-kuil karena keamanannya selalu ketat.

 

4. Catatan pinjaman, simpanan, validasi mata uang, dan pertukaran pertama dicatat pada abad ke-18 SM di Babel (Yunani Kuno).

 

5. Pythius, seorang bankir pedagang dari Asia Kecil pada abad ke-5 SM, adalah bankir pertama yang tercatat.

 

6. Istilah "cek" atau "cek" berasal dari permainan catur. Menempatkan raja dalam pengawasan berarti pilihannya terbatas, seperti pemeriksaan modern yang membatasi peluang untuk pemalsuan dan perubahan.

 

7. Ksatria Templar antara tahun 1118 dan 1307 menggunakan sistem cek untuk menyediakan dana perjalanan para peziarah mereka. Mereka bekerja seperti cek perjalanan modern.

 

8. Istilah bangkrut diambil dari dua kata: "bancus" yang berarti "bangku" dalam bahasa Latin tempat para bankir biasa melakukan perdagangan mereka di pasar, dan "ruptus" yang berarti "rusak" – begitu bankir tidak bisa lagi berdagang, bancus akan rusak untuk menandakan bankir gulung tikar.

 

9. Dua mata uang asli Amerika adalah Sterling Pound dan Dolar Spanyol. Faktanya, jenis mata uang AS pertama yang pernah diterbitkan hanya $2.000.000. Itu dikeluarkan pada 1775 oleh Kongres Kontinental. Setiap terbitan baru mata uang ini terus mendevaluasi terhadap Sterling Pound, dan Dolar Spanyol.

 

10. Simbol $ berasal dari tanda dolar Spanyol. Pada 1782, AS mempertimbangkan untuk memilih peso Spanyol sebagai mata uang negara. Singkatan dari peso Spanyol (PS) kemudian diubah menjadi $.

 

BACA JUGA: Peran Pegadaian dalam Mendorong Perekonomian Masyarakat Indonesia, Berikut Penjelasannya!

 

11. Tanda "$" AS telah lama digunakan untuk mewakili mata uang asing sebelum dikeluarkannya dolar AS pertama pada tahun 1875. Tidak hanya itu, simbol "$" tidak pernah, juga tidak sekarang, muncul di setiap mata uang AS.

 

12. Pada tahun 1932, uang kertas kayu sementara dibuat dan digunakan di Tenino, Washington karena ada kekurangan uang yang besar pada saat itu dan kayu sudah tersedia.

 

13. Uang kertas numerik terbesar yang pernah beredar di dunia adalah 1.000.000.000.000.000.000.000, dan itu adalah Pengo Millard Hongaria, yang dikeluarkan pada tahun 1946. Pada saat itu, nilainya hanya 20 sen di AS.

 

14. ATM pertama yang pernah ada adalah di Barclays Bank di London, pada tahun 1967. Mesin ini ditemukan oleh John Shepherd-Barron saat mandi di bak mandinya, atau begitulah klaimnya.

 

15. Pada tahun 1980 ATM pertama datang ke Irlandia, tepatnya Pusat Perbelanjaan Stillorgan dan di cabang Bank Irlandia, dan Anda benar-benar adalah bankir junior – masih dalam popok – yang mengambil alih mesin (pada dasarnya memuatnya!).

 

16. Pada tanggal 30 September 1980, utang nasional AS mencapai $907 miliar. Maju cepat 40 tahun kemudian, dan utang nasional AS lebih dari $24,95 triliun – tiga kali lipat dalam delapan tahun kepresidenan Barack Obama dari $7,5 triliun menjadi $20 triliun. Mantan Presiden Trump meningkatkannya hampir 25%.

 

17. Tahukah Anda bahwa uang memiliki umur yang pendek? Rata-rata uang kertas $1 hanya bertahan selama 18 bulan, uang kertas $5 akan bertahan selama dua tahun, dan uang kertas $10 akan bertahan selama tiga tahun. Inilah mengapa Biro Pengukiran & Pencetakan AS harus mencetak ulang mata uang senilai $541 juta setiap tahun.

 

18. Abaikan sejenak utang nasional AS secara keseluruhan dan pertimbangkan bahwa jumlah utang AS ke China hanya setara dengan rata-rata $10.000 untuk setiap keluarga Amerika.

 

19. Orang Amerika saat ini berutang sekitar $875 miliar dalam bentuk pinjaman mahasiswa, yang lebih banyak dari hutang negara kita secara kolektif dalam bentuk hutang kartu kredit. Hutang pinjaman pelajar meningkat pada tingkat $2.853,88 per detik. Mahkamah Agung AS baru-baru ini menolak upaya Presiden Biden untuk mengurangi atau menghapuskan utang siswa sebesar $430 miliar, meskipun ia kemudian menghapus pinjaman siswa sebesar $39 miliar.

 

20. Di Irlandia kami beralih dari uang ke kartu debit dan kredit secara besar-besaran. Untuk kuartal terakhir tahun 2022, ada tiga juta transaksi kartu nirsentuh per hari senilai €53 juta, tertinggi sejak pencatatan dimulai pada tahun 2016. Selama setahun penuh, €17,9 miliar pembayaran nirsentuh dilakukan pada tahun 2022.

 

BACA JUGA:Aplikasi MyBank Punyai Tampilan dan Fitur Baru untuk Pengalaman Perbankan Digital yang Lebih Memudahkan

 

Teknologi mengubah cara kita menggunakan uang menjadi fasilitas tanpa koin tanpa kertas – dan uang tunai akan segera menjadi bagian dari masa lalu.

 

Nah, Itu dia 20 fakta menarik tentang sejarah uang Amerika Serikat.

Semoga bermanfaat (*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: