5 Penyebab Tidak Bisa Tidur di Malam Hari, Penting Diketahui

5 Penyebab Tidak Bisa Tidur di Malam Hari, Penting Diketahui

--

Obat-obatan tersebut bisa menyebabkan seseorang merasa mengantuk di siang hari atau di luar jadwal tidurnya. Jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan tersebut, dia akan sering merasakan kesulitan tidur bahkan insomnia di malam harinya.

4. Adanya masalah kesehatan mental

Orang yang memiliki masalah dengan kesehatan mentalnya juga rentan terhadap permasalahan tidur. Gangguan kecemasan, depresi, gangguan stres pasca-trauma, dan bipolar sangat berpengaruh pada kualitas tidur di malam hari. 

Pikiran negatif dan kegelisahan yang dialaminya dapat menyebabkan insomnia. Kondisi tersebut bisa juga memperburuk gangguan kesehatan yang dimilikinya bahkan menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

5. Faktor usia

Terakhir, penyebab tidak bisa tidur pada seseorang juga bisa diakibatkan faktor usia. Seiring bertambahnya umur, tingkat kualitas tidur seseorang juga bisa menurun dan mengalami kesulitan tidur di malam hari. 

Melansir Sleepfoundation.org, orang yang berusia di atas 60 tahun menghabiskan lebih sedikit waktu untuk bisa tertidur nyenyak. Kondisi tersebut bisa terjadi karena adanya gangguan kesehatan yang rentan dialami di usia tersebut dan penggunaan obat-obatan.

Itulah 7 penyebab tidak bisa tidur di malam hari. Kamu bisa mulai memperbaiki kebiasaan tidurmu atau berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: