Rahasia Kesehatan Tersembunyi di Balik Pesona Wisata Jamu Kalibakung Tegal

Rahasia Kesehatan Tersembunyi di Balik Pesona Wisata Jamu Kalibakung Tegal

Wisata Jamu Kalibakung--

DISWAY JOGJA – Wisata Jamu Kalibakung di Balapulang Tegal Jawa Tengah merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Kalibakung, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Jamu Kalibakung di Balapulang, Tegal, Jawa Tengah merupakan destinasi wisata yang populer dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun hari libur. Tempat ini sangat indah dan dapat memberikan nuansa yang berbeda untuk aktivitas kita sehari-hari.

BACA JUGA:Pesona Keindahan Wisata Curug Putri di Bumi Jawa, yang Wajib Kalian Coba!

Wisata Jamu Kalibakung di Balapulang, Tegal, Jawa Tengah memiliki keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sayang sekali jika Anda berada di kota Tegal tanpa mengunjungi wisata edukasi yang keindahannya tak tertandingi ini. Wisata Jamu Kalibakung di Balapulang, Tegal, Jawa Tengah merupakan tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas selama liburan, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional atau hari libur lainnya. Keindahan Wisata Jamu Kalibakung Balapulang Tegal Jawa Tengah cocok bagi siapa saja yang jauh maupun dekat yang ingin dekat dengan Wisata Jamu Kalibakung Balapulang Tegal Jawa Tengah di kota Tegal. 

 

·         Spek Wisata Jamu Kalibakung

Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung berdiri di tanah seluas 2,5 hektare di lereng Gunung Slamet dan memiliki sekitar 245 jenis toga yang ditanam dan ditata rapi. Objek wisata ini sering menerima kunjungan dari rombongan siswa sekolah dan ibu-ibu PKK yang ingin mengetahui mengenai toga dan manfaatnya. Selain taman toga, WKJ Kalibakung juga melayani pasien pengobatan herbal. Hampir sama seperti rumah sakit mini, di tempat ini tersedia ruang pendaftaran, ruang tunggu pasien, ruang periksa. Namun bedanya, peran apotek di WKJ digantikan dengan griya jamu. Setelah mengidentifikasi penyakit yang diderita pasien, dokter akan berkoordinasi dengan apoteker untuk menyiapkan racikan jamu yang terdiri dari bermacam ramuan. Harga yang dibanderol untuk satu ramuan jamu cukup terjangkau, yaitu Rp.15.000 saja.

 

·         Lokasi Wisata Jamu Kalibakung

V4WJ+FR2, Jl. Raya Moga-Guci, Kebonagung, Kec. Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah 52464

Berikut kami tunjukan melalui google maps: https://goo.gl/maps/PkpwQ3pTqPyUKqSB9

 

·         Harga Tiket

Harga tiket masuk saat weekday: Rp 5.000

Harga tiket masuk saat weekend: Rp 5.000 (Mungkin bisa naik)

BACA JUGA: 5 Candi Kuno di Tegal yang Menyimpan Keajaiban Sejarah dan Kebudayaan

 

·         Jam Operasional

Buka Setiap hari Senin – Kamis dari jam 07.00 – 14.00

Buka Setiap hari Jumat – Sabtu dari jam 07.00 – 12.30

Buka Setiap hari Minggu dari jam 07.00 – 21.30

 

·         Daya tarik

Wisata Jamu Kalibakung di Balapulang, Tegal, Jawa Tengah merupakan destinasi wisata yang wajib anda kunjungi karena keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal kawasan Balapulang juga sangat ramah terhadap wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kota Tegal juga terkenal dengan keindahan objek wisatanya, contohnya adalah Wisata Jamu Kalibakung di Balapulang Tegal Jawa Tengah. Jamu merupakan obat tradisional Indonesia yang sudah digunakan sejak zaman dahulu dan terbukti khasiatnya tidak kalah dengan jamu impor yang membanjiri pasar Indonesia hingga sekarang karena era perdagangan bebas.

Potensi alam Indonesia sangat besar dengan keanekaragaman jenis tumbuhan (tanaman obat). Jamu sendiri merupakan nama obat tradisional dari Indonesia yang akhir-akhir ini mulai populer sebagai obat herbal. Dengan pengelolaan dan langkah yang tepat, promosi tanaman berkhasiat obat dapat mendorong pembangunan ekonomi rakyat dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Penggunaan jamu tentunya bermanfaat bagi kesehatan, meskipun telah dilakukan berbagai upaya dengan berbagai penelitian tentang komponen jamu/jamu yang memiliki efek preventif, kuratif, dan fungsional dari sejumlah pusat penelitian untuk mensurvei tanaman obat. . Bahan herbal/tanaman yang sehat tampaknya masih perlu disosialisasikan untuk mewujudkan pengobatan herbal yang dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat untuk kesehatan.

Kabupaten Tegal memiliki potensi untuk mewujudkan pelayanan kesehatan tradisional dengan menggunakan obat herbal. Konsep yang dibahas adalah layanan herbal wellness diintegrasikan ke dalam program perjalanan yang sudah ada. Di Kabupaten Tegal yaitu “Objek Wisata Kalibakung” Kabupaten Tegal dengan ketinggian sekitar 650 m dpl dengan luas 3,2 ha, kesehatan dan pendidikan melalui program Wisata Jamu Kalibakung di Balapulang, Tegal, Jawa Tengah.

 

·         Fasilitas

Wisata Jamu Kalibakung di Balapulang Tegal Jawa Tengah ini disebut-sebut sebagai wisata edukasi yang menawarkan sejumlah fasilitas dan pelayanan antara lain:

- Tempat parkir

- Masjid

– Kamar mandi/toilet

- Akomodasi

- dan masih banyak lagi

 

·         Transportasi

Bagi wisatawan kota Tegal sudah tidak bingung lagi untuk mengunjungi tempat wisata Jamu Kalibakung di Balapulang, Tegal, Jawa Tengah. Namun bagi masyarakat pinggiran kota, bahkan turis mancanegara tentunya bingung dan takut tersesat. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan yang berada di luar kota tegal, saya punya solusinya agar anda tidak tersesat.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda gunakan untuk menuju Wisata Jamu Kalibakung di Balapulang Tegal Jawa Tengah ini menggunakan kendaraan pribadi seperti:

Mobil atau motor pribadi, Anda bisa request petunjuk arah ke Wisata Jamu Kalibakung di Balapulang, Tegal, Jawa Tengah, di Google maps yang terpasang di smartphone Anda. Karena menggunakan kendaraan pribadi lebih menyenangkan daripada menggunakan kendaraan umum.

Namun, jika Anda menggunakan transportasi umum seperti:

Bus umum atau alat transportasi lainnya juga bukan masalah besar, karena Anda bisa berhenti di halte bus di kota atau desa yang Anda tuju. Kemudian dilanjutkan menggunakan ojek atau kendaraan pribadi untuk sampai di lokasi Wisata Jamu Kalibakung di Balapulang, Tegal, Jawa Tengah.

 

·         Saran dan Tips

Tips dan Tips Sebelum mengikuti Wisata Jamu Kalibakung di Balapulang, Tegal, Jawa Tengah, ada baiknya Anda mempersiapkan hal-hal yang diperlukan. Ditambah beberapa tambahan seperti kamera karena Anda pasti ingin mengabadikan momen bersama keluarga atau teman.

Jangan lupa membawa perbekalan kesehatan (misalnya sabun, tisu basah, shampo, antiseptik). Persiapkan fisik dan mental agar liburan Anda berjalan lancar. Jaga dirimu dan selalu berhati-hati. 

 

Semoga bermanfaat ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: