15 Cara Simpel Mengatasi Mata Lelah : Menjaga Kesehatan Mata dengan Mudah

15 Cara Simpel Mengatasi Mata Lelah : Menjaga Kesehatan Mata dengan Mudah

mata lelah--https://id.pinterest.com/

DISWAY JOGJA - Mata lelah adalah masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang, terutama karena penggunaan perangkat digital yang berlebihan dan lingkungan kerja yang memaksa mata untuk terus bekerja. Gejala Mata lelah termasuk mata kering, perih, gatal, pandangan kabur, dan ketegangan pada area sekitar mata. Untungnya, ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi Mata lelah dan menjaga kesehatan mata Anda dengan mudah.

1. Istirahatkan Mata Secara Teratur

Cara paling sederhana untuk mengatasi mata lelah adalah dengan memberikan istirahat secara teratur. Jika Anda bekerja di depan komputer atau menggunakan perangkat digital lainnya, cobalah untuk mengikuti aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, berhentilah sejenak dari layar dan fokuskan pandangan Anda pada objek yang berjarak sekitar 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Ini memberikan waktu yang cukup bagi mata Anda untuk beristirahat dari ketegangan yang disebabkan oleh paparan terus-menerus pada layar.

2. Lakukan Latihan Mata Ringan

Latihan mata ringan dapat membantu mengurangi kelelahan pada mata. Coba lakukan latihan ini secara teratur:

- Gerakkan mata secara horizontal dan vertikal beberapa kali.

- Edipkan mata dengan cepat selama beberapa detik untuk melembapkan mata.

- Fokuskan pandangan pada objek yang berbeda pada jarak yang berbeda.

3. Gunakan Tetes Mata Buatan

Jika Anda mengalami mata kering atau perasaan perih, gunakan tetes mata buatan yang bebas pengawet. Tetes mata ini membantu melembapkan mata dan meredakan ketidaknyamanan akibat mata lelah.

4. Jaga Jarak dan Pencahayaan yang Tepat

Posisikan layar komputer atau perangkat digital Anda pada jarak yang nyaman, sekitar 50-70 cm dari mata Anda. Hindari pencahayaan yang terlalu terang atau redup, serta pastikan pencahayaan ruangan yang seragam. Hindari juga pantulan cahaya langsung dari layar ke mata Anda.

5. Beristirahat yang Cukup

Pastikan Anda mendapatkan cukup istirahat setiap malam. Kurang tidur dapat menyebabkan mata menjadi lebih lelah dan mengalami ketegangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: