5 Kuliner Olahan Mie Paling Populer di Indonesia, Kamu Wajib Coba!

5 Kuliner Olahan Mie Paling Populer di Indonesia, Kamu Wajib Coba!

--

DISWAY JOGJA Mie adalah jenis karbohidrat favorit masyarakat Indonesia untuk menggantikan nasi. Teksturnya yang kenyal dan lembut cocok dipadukan dengan beraneka bahan dan bumbu khas nusantara.

Bahan yang terbuat dari terigu ini bisa diolah jadi hidangan utama, cemilan, bahkan lauk pendamping nasi. Bahkan, warung makan atau restoran yang mengunggulkan mie sebagai menu utama pun mulai menjamur di Indonesia.

Dari sisi sejarah, mie memang bukan bahan asli Indonesia. Bangsa Tionghoa mengenalkannya pada masyarakat asli Indonesia sejak puluhan tahun lalu.

Karena keterbukaan masyarakat kita pada bahan-bahan makanan baru, mie tersebut pun diolah dan disesuaikan dengan lidah Indonesia. 

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Oleh karenanya tercipta beragam ragam budaya dan juga suku yang menempati negara kita tercinta. Tak heran bila Indonesia sangat kaya akan ragam budaya juga kulinernya.

Penasaran apa saja macamnya? Simak daftarnya berikut ini!

1. Mie Kocok

Mie kocok adalah sajian khas kota Bandung yang berisikan mie kuning gepeng, bakso, kikil, tauge, irisan daging sapi, daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

Mie kocok ini disajikan dengan kuah nikmat yang cocok disantap ketika hangat. Agar semakin mantap, jangan lupa nikmati semangkok mie kocok khas Bandung dengan irisan cabai rawit dan juga perasan jeruk nipis.

Beberapa penjual mie kocok menggunakan bara api dari arang agar kaldu dan aroma lebih terasa. Kaldu biasanya didapat dari daging, kikil, dan tulang yang berisi sum-sum yang direbus selama berjam-jam.

Dengan cara ini aroma kaldu terjaga, sementara daging dan kikilnya lembut saat dinikmati di lidah. Untuk bumbu, ada yang menambahkan daun salam, sereh, dan jahe untuk menghilangkan bau anyir tulang. Ada juga yang menambahkan kunyit, ketumbar, tenggiri, serta bawang putih untuk menambah rasa serta aroma kuah.

2. Mie Ongklok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: