Ini Dia 8 Rekomendasi Kuliner Unik Pemalang Bikin Lidah Kalian Nagih, Rasanya yang Nendang Abis! Wajib Dicoba

Ini Dia 8 Rekomendasi Kuliner Unik Pemalang Bikin Lidah Kalian Nagih, Rasanya yang Nendang Abis! Wajib Dicoba

sate loso khas pemalang--

DISWAY JOGJA - Makanan khas Pemalang merupakan salah satu kekayaan kuliner di daerah pantura (pantai utara), Jawa Tengah. Beberapa makanan khas pemalang seperti nasi grombyang, sate loso, lontong dekem, kepiting lemburi, dan lain sebagainya. Jika kalian sedang berada di Pelamang atau melewati daerah ini jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner di daerah pantura ini.

Berikut daftar makanan khas pemalang yang enak dan lezat:

BACA JUGA:Kalian Wajib Coba! Inilah 12 Makanan Khas Banyumas yang Bikin Kalian Ngiler dan akan Balik lagi untuk Mencoba

1. Kepiting Lemburi

Kepiting lemburi merupakan salah satu makanan khas Pemalang. Kepiting lemburi merupakan sebutan lain untuk kepiting soka yang dikenal memiliki cangkang lunak.

2. Sate Loso

Sate loso merupakan salah satu makanan khas Pemalang yang berbahan dasar daging kerbau atau daging sapi. Nama sate loso diambil dari nama pelopor sate ini yaitu pak Loso yang berjualan sate secara turun temurun.

Sate loso berbahan daging khusus supaya enak, empuk, dan bebas kolesterol. Setelah diberi bumbu dan meresap kemudian sate dibakar hingga setengah matang kemudian diberi bumbu dan diberi bakar hingga matang. Sate loso dihidangkan dengan bumbu berwarna merah yang lembut dengan cita rasa manis, pedas, dan gurih. Sate loso juga dihidangkan dengan sup berisi urat, tauge, dan tulang muda.

3. Ogel-ogel

Ogel-ogel merupakan camilan gurih yang berbentuk seperti ulat dengan bentuk bulat panjang dengan ukuran sekitar dua hingga tiga sentimeter. Ogel-ogel yang berwarna putih kecoklatan memiliki cita rasa gurih dan renyah. Camilan ini cocok dihidangkan bersama kopi maupun menjadi teman dalam perjalanan.

4. Lontong Dekem

Lontong dekem merupakan makanan khas Pemalang yang terbuat dari bahan dasar lontong. Kuliner ini terdiri dari irisan lontong, kuah santan berwarna kuning seperti gulai, taburan serundeng, kerupuk yang diremuk, dan bawang goreng.

Nama lontong dekem diambil dari cara makan yang berawal dari gelaran di gelaran alias "ndekem".

5. Kamir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: