Ini Dia 8 Rekomendasi Kuliner Unik Pemalang Bikin Lidah Kalian Nagih, Rasanya yang Nendang Abis! Wajib Dicoba

Ini Dia 8 Rekomendasi Kuliner Unik Pemalang Bikin Lidah Kalian Nagih, Rasanya yang Nendang Abis! Wajib Dicoba

sate loso khas pemalang--

Kamir atau kue kamir diadaptasi dari Timur Tengah untuk itu kue ini kerap disebut kamir Arab oleh kebanyakan orang. Kue yang berbentuk bulat pipih dengan warna kuning kecoklatan karena pembakaran ini berbahan dasar tape singkong.

6. Apem Comel

Apem comel merupakan makanan khas Pemalang yang berupa roti dengan cita rasa manis legit dengan tekstur kue basah. Bahan dasar apem comel berupa tepung beras dan gula merah.

7. Pecak Belut

Pecak belut merupakan salah satu makanan khas Pemalang. Kuliner pecak belut disajikan dalam wadah loyang yang biasanya terdiri dari satu atau dua belut tergantung ukuran belut. kalian dapat memilih belut bakar, belut goreng, atau belut panggang. Pecak belut disajikan dengan sambal sesuai selera kalian ada sambal terasi, sambal tomat, atau sambal santan.

Dalam wadah terpisah, pecak belut disajikan bersama lalapan berupa ubi rebus, daun kenikir, kacang panjang, timur, daun pepaya, dan tauge. Ada juga yang menyajikan pecak belut bersama urap berisi kembang turi, daun ubi, kecipir, dan lain sebagainya. Pecak belut banyak ditemukan di Desa Tegalmelati, tidak jauh dari Jalan Pantura Pemalang. Di daerah ini banyak penjual pecak belut berderet.

8. Nasi Grombyang

Nasi grombyang merupakan salah satu makanan khas Pemalang. Kuliner ini berisikan nasi putih dan daging sapi atau daging kerbau dengan bumbu rempah. Nama grombyang berasal dari bahasa Pemalang yang artinya mengapung di permukaan atau bergoyang-goyang. Dalam penyajiannya komposisi kuah lebih banyak dibandingkan nasinya. Sehingga nasi dapat mengapung dan bergoyang-goyang di dalam kuah. Proses pengolahan nasi grombyang ini telah ditetapkan sebagai warisan budaya taka da duanya.

Nah, itu tadi ulasan mengenai makanan-makanan khas yang ada di daerah Pemalang. Untuk kalian yang sedang melewati daerah pantura jangan lupa untuk mampir mencobanya ya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: